18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

DILEPAS DIRJEN GTK KEMDIKBUD RI 4.168 Mahasiswa UNP Laksanakan PLK/PPL

PADANG, KP – Universitas Negeri Padang (UNP) melepas mahasiswa dan mahasiswi peserta Program Praktik Lapangan Kependidikan/Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLK/PLP), Senin (10/8) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung pada Yotube UNP Video Streaming.

Kegiatan PLK/PPL itu dibuka oleh Kepala Pusat Program Pengalaman Lapangan UNP Dr. Sukardi, MT dengan memberikan arahan terkait pelaksanaan PLK/PPL UNP yang disebar di 15 provinsi di seluruh Indonesia. Kemudian, peserta PLK/PPL dilepas secara resmi oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud RI, Dr. Iwan Syahril.

Rektor UNPProf. Ganefrimenyampaikan pelaksanaan praktik lapangan tahun ini dilaksanakan berbasis tempat tinggal dengan tetap mengacu kepada kondisi sekolah yang memenuhi persyaratan, terutama dari sisi akreditasi.

Ditambahkannya, pelaksanaan PLK ini khusus untuk mahasiswa S1 Prodi Kependidikan.Biasanyahanya dilaksanakan tiga bulan tetapi dengan adanya program ‘Merdeka Belajar’, maka UNP mengubah kurikulum dimana mahasiswa bisa melaksanakan praktik disekolah sampai satu semester, yakni sampai proses ujian akhir. Sebelumnya mahasiswa PLK juga telah disiapkan dengan berbagai ilmu bidang pedagogi dimulai dari perangkat pembelajaran dan semua komponen.

“Kita harapkan semua mahasiswa punya pengalaman lebih banyak di sekolahdalam mempersiapkan mereka menjadi calon guru yang professional. Oleh sebab itu, PLK ini merupakan kurikulum wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 Prodi Pendidikan,” ujar Ganefri.

Rektor menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Dirjen GTK Kemdikbud RI karena UNP akan terus melakukan inovasi mengembangkan konsep merdeka belajar dengan selalu meningkatkan kualitas lulusan tenaga pendidik dengan berbagai program dan kebijakan kemendikbud dalam pelaksanaan kegiatan tridarma perguruan tinggi.

Pada kesempatan itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI, Dr. Iwan Syahrilsecara resmi melepas 4.168 mahasiswa PLK/PLP UNP. Dalam sambutannya, Dirjen GTKmenyampaikan apresiasi kepada Rektor UNPkarena selalu berinovasi dan memunculkan ide-ide gagasan baru yang dapat semakin menguatkan kependidikan guru.

Ia juga memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa yang akan mengikuti PLK/PPL. Ada tiga poin yang disampaikan oleh dirjen yakni pengalaman lapangan diharapkan dapatmenguatkan tekat mahasiswa menjadi guru,menghadirkan inovasi tentang pembelajaran yang berpusat kepada anak di masa pandemi covid-19, dan menjadi teladan dalam praktek lapangan.

“Jadilah motivator yang akan menguatkan semangat belajar anakdidik dan jadilah pemberdaya yang membawa anak didik menjadi mandiri atau merdeka,” tuturnya.

Diakhir sesi pelepasan peserta PLK/PPL, Dirjen GTK membacakan puisi yang menyentuh hati tentang mulianya profesi seorang guru. (ak/*)