20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

IRWAN BASIR DT. RAJO ALAM: Pemangku Kepentingan Jangan Alergi dengan Awak Media

PADANG,KP – Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam menekankan pentingnya peran media dalam melaksanakan sosialisasikegiatan – kegiatan pembangunan di segala lini.

Untuk itu, katanya, stakeholder yang ada di daerah ini jangan sampai alergi dengan awak media atau wartawan. Baik itu pejabat di eksekutif maupun legislatif maupun yudikatif.

“Jaan lari pulo basobok wartawan (jangan lari pula bertemu wartawan-red). Kalau perlu, jika melihat mereka, tegur mereka dengan baik, panggil mereka,” kata Irwan Basir dalam acara silaturahmi bersama media di Villa Lakuk, kemarin.

Lebih lanjut dikatakan, tanpa pemberitaan awak media, pesan untuk publik tak akan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas, ” pungkas Irwan Basir yang juga, mantan Ketua DPD KNPI Kota Padang ini.

“Peran awak media dalam pembangunan di segala lini, kata Irwan Basir Datuk Rajo Alam sangat besar sekali. Media lah yang menyampaikan pesan kita kepada publik. Media lah yang menyampaikan pesan pemerintah ke rakyat, sehingga diketahui dengan baik,” kata Kepala Bidang Lijamsos Dinas Sosial Sumbar ini.

Begitu juga sebaliknya, media juga menyampaikan pesan rakyat kepada pemangku kepentingan, sehingga melahirkan kebijakan dalam memenuhi aspirasi rakyat tersebut. “Untuk itu, jangan alergi dengan awak media. Orang yang alergi dengan awak media, berarti perlu belajar lagi ilmu kepemimpinan,” pungkas mantan Ketua PK KNPI Kuranji ini.

‘Datuak nya Orang Banyak’

Sementara itu, berbicara tentang sosok Irwan Basir Dt Rajo Alam di mata jurnalis. Beliau tidak asing lagi bagi kalangan wartawan. Sejak dari zaman wartawan senior, salah satunya adalah (……gaek dmaik disabuik ee…..) hingga wartawan – wartawan yang sekarang ini, ” ungkap Baim, salah seorang wartawan media ini yang tergabung dalam Forum Wartawan Parlemen Kota Padang.

Lebih lanjut dikatakan, meski dirinya belum lama kenal betul sosok Irwan Basir Dt Rajo Alam, namun di akui beliau merupakan sosok yang murah senyum,low profile dan mengayomi para awak media jugaorang – orang dekat yang ada disekelilingnya.

“Saya menilai, sudah patut Irwan Basir Dt Rajo Alam sebagai salah seorang tokoh masyarakat Kota Padang yang bisa dijadikan sebagai tauladan bagi kita semua,” ucapnya.

Hal ini tercermin dari sifat dan sikap serta perbuatan yang selama ini telah dilakukan Irwan Basir Dt Rajo Alam di tengah masyarakat, kata Humas Forum Wartawan Parlemen Kota Padang ini.

Sama – sama diketahui, Irwan Basir Dt Rajo Alam jadi viral dalam pemberitaan. Terus di kabarkan melalui media aksi peduli kepada sesama di kondisi pandemi Covid-19, dimana tanpa pamrih dengan biaya sendiri, bantuan disalurkannya demi meringankan sedikit beban masyarakat. Dan cukup banyak warga yang terdampak Covid-19 terbantu. Begitupun dengan awak media, beliau mampu merangkul dengan tetap menjalin hubungan silaturahmi dengan baik.

Disamping itu menurut Baim, dengan pribadi yang bijak dan bijaksana yang ada dalam diri Irwan Basir Dt Rajo Alam, serta karakter yang tegas, jiwa sosial yang sangat tinggi, pribadi yang mengayomi dan peduli bagi siapa saja yang kenal dengan beliau, pantas juga kalau Irwan Basir Dt Rajo Alam ini di sebut Datuak nyo urang banyak (Datuk bagi orang banyak-red). (bim)