Jaringan Telkomsel Lumpuh

PADANG, KP – .Jaringan seluler Telkomsel mengalami gangguan pada Selasa siang (11/8). Pengguna tak bisa mengakses internet dan melakukan sambungan telepon. Gangguan jaringan terjadi sejak pukul 14.45 WIB.

“Jaringan internet tidak ada, nelpon juga tidak bisa,” kata Rian, salah seorang pengguna Telkomsel di Padang.

Gangguan soal jaringan Telkomsel ini juga ramai dibicarakan warganet di Twitter. Mereka mempertanyakan penyebab gangguan yang sedang dialami.

Terkait masalah itu, pihak Telkomsel mengatakan memang ada gangguan jaringan di sebagian wilayah Sumatra. Telkomsel menyebut sedang ada peningkatan layanan yang berdampak pada gangguan sinyal.Tak hanya sinyal Telkomsel, gangguang jaringan juga dialami Telkom. Jaringan internet Telkom lumpuh dan tak bisa digunakan untuk mengakses internet.

Ternyata, kondisi itu disebabkan Gedung Telkom dan Grapari Telkomsel di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, terbakar.Di gedung itutampak asap pekat membumbung ke udara. Jilatan api terlihat di beberapa lantai tempat operator Telkom, Telkomsel, serta provider internet lainnya beroperasi itu.

Untuk memadamkan api, Dinas Pemadam dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pekanbaru menurunkan delapan mobil pemadam. Hingga Selasa sorepemadaman masih berlangsung.

Peristiwa ini tak hanya melumpuhkan jaringan seluler telepon. Internet perkantoran ataupun rumah yang berasal dari perusahaan milik negara itu tidak bisa diakses sama sekali.

Kepala Damkar dan BPBD Pekanbaru Burhan Gurning menjelaskan, api diduga berasal dari lantai dua gedung Telkom. Api diduga berasal dari percikan korsleting listrik di lantai itu.

“Kebetulan siang tadi lewat sinisedang memegang HT. Lihat asap pekat langsung saya hubungi anggota karena jaringan telepon Telkomsel tidak bisa dipakai,” kata Burhan.

Burhan sudah berkomunikasi dengan pihak Telkom. Pihak perusahaan mengakui akibat kebakaran itu menyebabkan jaringan seluler dan internet di sejumlah kawsan si Sumatra Bagian Tengah, termasuk Sumbar, lumpuh total.

“Gangguan itu kalau dari keterangan orang Telkom tadi, bisa satu minggu. Tapi kita berharap Telkomsel seger memperbaikinya,” kata Burhan. (lgm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rusia Negara Pertama di Dunia Produksi Vaksin Covid-19 Indonesia Mulai Uji Klinis Tahap Akhir pada Ribuan Relawan

Sel Agu 11 , 2020
MOSKOW, KP- Rusia menjadi negarapertama di dunia yang mendaftarkandan memproduksi vaksin virus corona (covid-19).Vaksin itu dikembangkan Gamaleya Research Institute. Uji klinis vaksin diakukan sejak 18 Junidan 38 relawan terbukti mampu mengembangkan kekebalan. Salah satu relawan adalah putri Presiden Rusia Vladimir Putin. “Saya berharap dalam waktu dekat kami dapat segera memproduksi […]