18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

LIGA CHAMPIONS ATALANTA VS PSG – KAMIS (13/8) – 02.00 WIB Adu Tajam di Lini Depan

Tim debutan Atalanta akan menantang PSG di babak perempat final Liga Champions 2019/20, Kamis (13/8/2020). Pemenangnya akan menghadapi RB Leipzig atau Atletico Madrid di semifinal.

Laga Atalanta vs PSG akan digelar di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal. Adu ketajaman lini depan diprediksi bakal tersaji. Hujan gol bisa saja terjadi demi ambisi lolos semi final UCL 2020.

Atalanta adalah salah satu tim paling on fire di Eropa musim ini. Pasukan Gian Piero Gasperini mencetak total 98 gol di Serie A, terbanyak ketiga di lima liga top Eropa, hanya kalah dari Manchester City (102) dan Bayern Munchen.Nama-nama seperti Duvan Zapata, Luis Muriel, Josip Ilicic, Mario Pasalic, juga kapten Alejandro Gomez membuat lini serang Atalanta begitu menakutkan.

Lawannya kali ini, PSG, memiliki kekuatan ofensif yang bisa dibilang sepadan.Ada bintang Brasil, Neymar. Ada pula eks bomber Inter Milan, Mauro Icardi. Namun sayang, sang raksasa Prancis kehilangan Angel Di Maria yang terkena skorsing, sementara kondisi Kylian Mbappe masih meragukan.

Di babak sebelumnya, Atalanta mengeliminasi Valencia dengan agregat telak 8-4. Sementara itu, PSG menyingkirkan Borussia Dortmund dengan agregat 3-2.Dua tim ini belum pernah bertemu sebelumnya. Duel perdana mereka ini pun langsung bersifat sangat krusial, karena akan menentukan siapa yang berhak lolos ke semifinal kejuaran elit Eropa.

Aksi Kolektivitas Atalanta

Tim asuhan Gian Piero Gasperini juga mempunyai Josip Ilicic yang sudah mengoleksi 15 gol di liga domestik. Belum lagi Mario Pasalic (9 gol), Ruslan Malinovskiy (8 gol), serta Alejandro Gómez (7 gol).

Di Liga Champions 2019/2020, La Dea menempatkan Ilicic sebagai top skor klub dengan raihan 5 gol. Sedangkan Pasalic dan Hans Hateboer masing-masing sudah mencatatkan dua gol.

Artinya, musim ini Atalanta lebih banyak mengandalkan kolektivitas tim untuk bisa membobol gawang lawan. Tidak hanya sektor depan, namun pemain lini tengah pun turut menjadi sumber gol bagi tim asal Bergamo tersebut.

Tampil untuk pertama kalinya di Liga Champions, Alejandro Gomez dan kawan-kawan juga berhasil membuat kejutan besar dengan lolos hingga fase perempat final.

“Kami telah menunjukkan bahwa kami pantas berada di kompetisi ini. Kami sangat bangga untuk diri kami sendiri, kota Bergamo dan sepak bola Italia,” kata Gasperini, dilansir situs web UEFA.

PSG Tampil Tanpa Mbappe

Sementara Paris Saint-Germain (PSG) mengumpulkan total 129 gol pada kompetisi resmi musim 2019/2020. Dengan rincian 20 gol di Liga Champions, 75 gol di Ligue 1, 21 gol di Coupe de France, serta 13 gol di Coupe de la Ligue.

Jika dibandingkan dengan Atalanta, PSG memang unggul 14 gol. Namun, La Dea hanya tampil dalam tiga ajang dengan Les Parisiens yang turun dalam 4 kompetisi.

Untuk deretan bomber, klub Paris itu memiliki Kylian Mbappé yang mengoleksi 18 gol sekaligus top skor Ligue 1. Namun, cedera parah membuat pemain timnas Perancis itu dipastikan absen di perempat final.

Klub yang dipoles Thomas Tuchel pun dapat mengandalkan duet penyerang Amerika Latin saat menghadapi Atalanta. Yakni Neymar (Brasil) dan Mauro Icardi (Argentina). Di liga domestik, Neymar membukukan 13 gol. Icardi mencetak 12 gol.

Sedangkan saat tampil di level Eropa, kedua pemain total melesakkan 8 gol. Tidak adanya Mbappé, Edinson Cavani, serta Angel Di Maria bakal memaksa sang arsitek memutar otak demi memaksimalkan kemampuan yang dimiliki saat ini.

“Pertahanan yang bagus akan menjadi sangat penting. Atalanta memiliki gaya permainan yang sangat menarik. Mereka tampil menyerang dan setiap pemainnya mampu ke depan. Mereka selalu memiliki penyerang yang terus mengejar bola,” tutur Tuchel, dikutip laman resmi klub.

Baca juga:

Link Streaming Donetsk vs Basel: Statistik & Jadwal Live UEL 2020

Apakah Man United Jadi Alasan ‘Penalty FC’ Trending di Twitter?

Hasil Drawing Liga Champions 2021 & Skema Pot UCL Musim Depan

Prediksi Jalannya Laga

Atalanta dipastikan tidak dapat menurunkan Pierluigi Gollini sebagai kiper utama karena alasan cedera. Ini akan menjadi pertaruhan tersendiri bagi lini belakang tim peringkat ketiga di klasemen akhir Serie A 2019/2020 tersebut.

La Dea memang masih memiliki Marco Sportiello yang berpeluang mengisi posisi penjaga gawang. Namun, pemain 28 itu cukup minim pengalaman pada musim 2019/2020. Ia baru mengemas 7 penampilan saja bersama La Dea. Sekali bermain di Liga Champions dan 6 kali di Serie A.

Duel perempatfinal ini pun dapat menjadi ujian yang cukup berat bagi Sportiello dalam menghadapi gempuran barisan lini depan sang lawan.

Sedangkan PSG sudah dipastikan kehilangan tiga pilar utama untuk sektor penyerang. Yaitu Edinson Cavani yang sudah habis masa kontraknya sejak Juli dan Kylian Mbappe yang dibekap cedera. Belum lagi Angel Di Maria yang sedang menjalani larangan tampil.

Meskipun demikian, Neymar serta Mauro Icardi merupakan andalan Les Parisiens saat ini. Didampingi Pablo Sarabia, trio tersebut diprediksi akan menjadi tumpuan utama bagi PSG dalam memburu gelar Liga Champions pertama sepanjang sejarah klub asal Paris tersebut.

Perkiraan Susunan Pemain

Atalanta (3-4-2-1): Marco Sportiello; Berat Djimsiti, Mattia Caldara, Rafael Toloi; Hans Hateboer, Marteen De Roon, Remo Freuler, Robin Gosens; Alejandro Gomez, Ruslan Malinovskiy; Duvan Zapata.

PSG (4-3-3): Keylor Navas; Juan Bernat, Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe; Idrissa Gueye, Marquinhos, Ander Herrera; Neymar, Mauro Icardi, Pablo Sarabia.