21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

TP PKK Kota Bukittinggi Juara Umum Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar

TP PKK Kota Bukittinggi secara berturut-turut tiga kali meraih juara umum kategori Kota pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Tahun 2020. Lomba ini termasuk dalam serangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 tingkat Provinsi Sumbar.

Diraihnya juara umum untuk ketiga kalinya ini menunjukkan PKK Kota Bukittinggi bertekad untuk lebih maju dan terdepan dalam mewujudkan ketahanan keluarga sekaligus mensukseskan pembangunan di Bukittinggi.

Piala dan penghargaan diterima langsung Ketua TPPKK Kota Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan Nurmatias dari Ketua TPPKK Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno dalam acara Peringatan HKG PKK ke-48 dan Hari Kartini tingkat Provinsi Sumbar, Selasa (11/8) di Gubernuran,di Padang.

Peringatan HKG PKK dan Hari Kartini kali ini dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terutama memakai masker.Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar diwakili Sekdaprov Alwis dan beberapa Ketua TPPKK kabupaten/kota di Sumbar yang meraih juara.

Keberhasilan TPPKK Kota Bukittinggi sebagai juara umum kategori Kota ketiga kali tahun ini, mengikuti kesuksesan tahun 2018 dan 2019 lalu yang juga meraih juara umum.

Dan ini, sebuah prestasi yang sangat membanggakan dibawah kepemimpinan Ketua TPPKK Bukittunggi,Ny.Yessi Endriani Ramlan Nurmatias dan Pembina H.Ramlan Nurmatias.

Pada tahun 2020 ini, TPPKK Kota Bukittinggi menjadi pemuncak dari 4 kategori lomba. Antara lain Juara I Pelaksanaan IVA Test yang di wakili Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan maju untuk penilaian tingkat Nasional Tahun 2021 mewakili Provinsi Sumbar, Juara II Tertib Administrasi PKK yang di wakili Kelurahan Pakan Kurai, Juara II Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Cinta Kasih yang di wakili Kelurahan Aur Kuning, Juara III Kelompok UP2K yang di wakili Kelurahan Puhun Tembok dan Juara Harapan I Pemanfaatan Lahan Pekarangan ( Hatinya PKK ) yang di wakili Kelurahan Bukik Apik Puhun. Selain itu juga meraih Juara I Kategori Kegiatan Posyandu tingkat kota yang diwakili Kelurahan Pakan Labuah.

Atas prestasi itu, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Yesi Endriani Ramlan Nurmatias, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi atas keberhasilan yang dicapai kader PKK Kota Bukittinggi beserta Dasawisma, karena usaha dan kerja kerasnya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK dan meraih juara.

“JuaraUmum bukanlah tujuan utama, tapi bagaimana kita mampu melaksanakan 10 Program Pokok PKK sekaligus memberikan pembinaan-pembinaan kepada kader PKK dari bawah untuk berani tampil dan bersaing di tingkat provinsi. Alhamdulillah, TP PKK Kota Bukittinggi berhasil mempertahankan juara umum,” ujar Yesi Endriani Ramlan Nurmatias.

Tentu saja keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari dukungan moril maupun materil Pemerintah Kota Bukittinggi dalam melaksanakan program-program PKK. Kemenangan ini tidak hanya kemenangan kader, tetapi kemenangan keluarga dan masyarakat Kota Bukittinggi. Yang hebat itu adalah masyarakat Kota Bukittinggi.

Kepada kader PKK terutama yang meraih juara, Yessi mengimbau untuk tidak terlalu gembira dalam kemenangan.

“Keberhasilan harus kita syukuri dengan meningkatkan kinerja sekaligus mempertahankan juara. Jangan cepat merasa puas dengan capaian saat ini. Karena masih ada tahapan lebih tinggi yang akan dihadapai yaitu, bersaing kembali di tingkat nasional. Masih ada tanggung jawab dan kerja keras yang harus kita lanjutkan. Persiapkan diri untuk bisa bersaing ditingkat nasional nanti,” harap Yesi Endriani Ramlan.

Sementara bagi yang belum berhasil, Yesi mengharapkan jangan patah semangat. Kesempatan masih ada, perjuangan masih panjang. Untuk itu, Yesi mengimbau kepada seluruh anggota dan kader PKK serta Dasawisma untuk terus berjuang bahu membahu melaksanakan 10 Pogram Pokok PKK demi mewujudkan Ketahanan Keluarga.

Terkait hal itu, Ketua TPPKK Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno, mengharapkan agar kegiatan HKG PKK bukan hanya kegiatan rutin seremoni saja, namun dapat berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung keluarga di Indonesia. PKK diharapkan kembali kepada ruhnya, dalam arti keluarga lah yang harus diberdaya kan sesuai potensi dan kebutuhannya sehingga PKK mampu menggerakkan keluarga se Indonesia.

Momentum HKG menjadi titik tolak dalam memompa semangat dalam memberdayakan keluarga se Indonesia, sekaligus membawa semangat dan energi baru dalam setiap gerak langkah PKK. PKK harus mampu jadi pelopor dan penggerak yang inovatif , sehingga menjadi roda sosial yang sangat besar artinya. 

“Semangat itu harus senantiasa dimiliki setiap kader, karena sebagai mitra peme rintah harus mampu menjadi pelopor keberhasilan pembangunan terutama bidang pem berdayaan perempuan,” ujar Nevi.

Sementara itu, Gubernur Sumbar diwakili Sekdaprov Sumbar, Alwismengatakan, PKK sebagai organisasi perempuan memiliki peranan penting dalam memajukan pembangunan daerah, terutama memajukan, memandirikan dan meningkatkan ketahanan keluarga di tengah-tengah masyarakat.

Keberadaan dan kiprah PKK sangat dibutuhkan terutama dalam dinamika pemenuhan kebutuhan keluarga berikut permasalahan yang semakin komplek. Hendaknya PKK dapat mencermati hal tersebut dan dapat mengarahkan kegiataannya untuk mengatasi pernasalahan kompleks tersebut.PKK harus responsif atas kebutuhan keluarga dalam arti luas, sehingga kegiatan PKK tidak lagi monoton dan seremonial saja. Sejalan dengan tema HKG ke- 48, yaitu PKK untuk Indonesia Maju.

Melalui 10 program pokoknya PKK dapat menggiatkan kembali kegiatan Posyandu, menggelorakan kembali Hatinya PKK untuk melakukan penanaman tanaman pangan yang produktif dalam rangka meningkatkan gizi keluarga.

Terkait virus corona Alwis mengingatkan kembali untuk menerapkan PHBS seperti mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak. Diharapkan PKK dapat menggalakkan PHBS dan protokol kesehatan kepada seluruh anggota masyarakat. Karena itu kedepannya, PKK diharapkan mampu mensinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat yang bahagia dan sejahtera,” tutup Alwis. (*)