18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Wabup Yulfadri : Padi Organik Mengandung Banyak Manfaat

SOLOK, KP – Sesuai pengalaman yang pernah didengar, hasil pupuk organik sangat memuaskan bagi para petani, karena hasil padi bisa meningkat dan tanaman jadi tahan hama. Selain itu lahan juga menjadi subur dan petani bisa menjadi makmur dan sehat. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, saat menghadiri sekaligus meresmikan panen perdana padi organik di Keltan Saiyo, Jorong Tangah Padang, Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin (10/8).

Wabup Yulfadri menyebut, eco farming atau pupuk organik sangat baik untuk hasil pertanian dan juga untuk kesehatan. “Sesuai pengalaman yang pernah didengar, ternyata hasil pupuk organik eco farming sangat memuaskan bagi para petani karena hasil padi bisa menjadi meningkat dan tanaman jadi tahan hama, lahan menjadi subur petani jadi makmur seperti yang kita lihat ini,” sebut Wabup.

Selain itu lanjut Wabup, pupuk organik juga ramah lingkungan dan bisa meningkatkan hasil panen sampai 100 persen. “Padi harus dibudidayakan secara keseluruhan dari cara pengolahan, bahan yang digunakan harus didasari dari kata organik tersebut dan tidak dicampur dengan bahan kimia,” ujarnya.

Sedangkan penggagas pertemuan, Musfi Yendra yang pernah menerima penghargaan Marketeer of The Year Padang Kategori Public Service dari Mark Plus tahun 2014 mengatakan, padi organik sendiri adalah padi yang dihasilkan pertanian organik. “Padi organik bukan sekedar padi biasa yang dikonsumsi masyarakat pada umumnya, karena padi ini dibudidayakan menggunakan bahan-bahan dari organik,” sebut Musfi Yendra.


Sementara Ketua Keltan yang juga minik mamak Suku Melayu, Nuzuar Dt. Rajo Nan Putieh mengucapkan selamat datang kepada Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, pada acara panen perdana tersebut. “Padi ini tidak menggunakan bahan kimia dan lebih baik untuk kesehatan tubuh. Jika cara mengolah budidaya padi organik masih menggunakan  bahan kimia atau campuran antara kimia dan organik, maka yang dihasilkan padi tersebut bukan budidaya pure pertanian organik. Kami berterimakasih juga kepada semua pihak yang sudah membantu kami,” terangnya.


Sementara itu Kepala BPP Gunung Talang, Nurnani menyebutkan, manfaat dan cara kerja pupuk organik sangatlah tinggi untuk kesehatan atau sama dengan sistem eco farming memiliki 13 unsur hara yang membuat tekstur tanah menjadi subur. Pihaknya sangat mendukung dan memberi apresiasi tinggi kepada Keltan di bawah binaan Balai Penyuluh Pertanian Gunung Talang yang sudah menerapkan pupuk organik dan bimbingan dari akademisi dan aktifis sosial, Musfi Yendra yang juga seorang dosen itu.

Usai panen perdana, Wabup menggelar makan bersama dengan anggota keltan organik. Selain itu tampak hadir pada acara tersebut akademisi dan aktifis sosial Musfi Yendra, Ketua Keltan yang juga ninik mamak Suku Melayu Nuzuar Dt. Rajo Nan Putieh, Kepala BPP Gunung Talang Nurnani, beserta seluruh perangkat dan tiga kelompok tani padi organik yang hadir. (wan)