18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Koni Sijunjung Gelar Kejuaraan Catur Cepat Cup 1

SIJUNJUNG, KP – Koni Sijunjung gelar kejuaraan catur cepat cup 1 di gedung Pancasila Muaro-Sijunjung, Rabu (12/8). Kegiatan catur yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari (12-13/8) itu mengangkat tema, “Dengan semangat kemerdekaan, kita tingkatkan prestasi atlet catur secara profesional di Kabupaten Sijunjung”.


Turut hadir pada kesempatan itu Bupati Sijunjung Yuswir Arifin diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Ramler, Percasi Pengprov Sumbar Asraf zawir, Ketua KONI Sijunjung H. Daswanto, Kadis Pemuda dan Olahraga Afrineldi, Ketua Percasi Pengkab Sijunjung M. Hatta dan Ketua Pelaksana, Firdaus serta pengurus KONI.


Ketua KONI Sijunjung, H. Daswanto didampingi Ketua Percasi Sijunjung M Hatta mengatakan, turnamen catur cepat dilaksanakan dalam rangka HUT RI ke-75 dan melibatkan pelajar, mulai dari tingkat SD, SLTP dan SLTA serta umum dengan menerapkan protokol Covid-19 seperti menggunakan masker dan jaga jarak.


”Turnamen catur cepat KONI Sijunjung Cup 1 ini merupakan agenda KONI Sijunjung dan Pengcab Percasi, di mana khusus untuk peserta pelajar tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Sedangkan untuk kategori umum, senior putra dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu dan senior Putri sebesar Rp30 ribu,” ujarnya usai pembukaan turnamen.


Untuk kelompok pelajar, sebut Daswanto, merupakan target utama untuk pembinaan dan pengembangan bakat. Apalagi catur adalah cabor andalan Kabupaten Sijunjung untuk meraih emas dalam setiap Porprov dan Kejurda. “Mulai dari SD, SMP dan SMA akan turut ambil bagian dalam catur cepat ini. Karena merekalah yang akan menjadi generasi penerus untuk menjaga nama besar Sijunjung dalam bidang catur, sekaligus mencari bakat pecatur muda,” sebutnya.


Sementara itu Ketua Percasi Sijunjung, Muhammad Hatta mengatakan, KONI Sijunjung Cup 1 itu didukung penuh oleh KONI Sijunjung. Ditambahkannya, peserta dari kalangan pelajar Pengcab Percasi bersama panitia pelaksana telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung. “Peserta terbanyak dari kalangan pelajar, karena mendapat dukungan dinas pendidikan. Harapan kita bersama, even ini akan melahirkan calon master untuk even Kejurda tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan pada Agustus 2020 ini,” jelasnya.


Sedangkan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Ramler mengatakan, pemerintah mendukung penuh kegiatan tersebut, sebab dengan adanya kejuaraan catur cepat, bisa menjaring atlet-atlet muda berbakat. “Pemkab Sijunjung selalu mendukung setiap kegiatan olahraga daerah, termasuk catur yang memang selalu mengharumkan nama daerah dalam setiap even. Kita harapkan kerjuaraan ini menghasilkan bibit pecatur muda berbakat yang akan mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung di kancah Kejurda, Kejurnas dan tingkat internasional,” tutupnya. (shd)