18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KONTAK ERAT DENGAN PETUGAS MEDIS 80 Warga Dipastikan Negatif Covid-19

BATUSANGKAR, KP – 80 warga dipastikan negatif Covid-19 berdasarkan hasil test swab yang dilakukan pada Senin dan Selasa (10-11/8) lalu. 80 warga itu mengikuti test swab karena kontak erat dengan 9 tenaga medis Puskesmas I Lima Kaum yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanahdatar Roza Mardiah, ketika dihubungi Rabu (12/8) kemarin mengungkapkan, hasil itu berdasarkan uji swab yang dilakukan laboratorium Universitas Andalas. “Dari 133 sampel test swab yang telah dikirim, sebanyak 80 sampel hasilnya diterbitkan oleh pihak laboratorium di bawah kendali dr. Andani Eka Putra. Alhamdulillah semuanya negatif,” ujarnya.

Disebutkan Roza Mardiah, sedangkan sisa sebanyak 53 sampel masih menunggu hasil. “Untuk sisanya kita berharap sore ini dapat diketahui,” katanya.

Dia mengatakan, data Dinas Kesehatan mencatat, sampel terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif selama dua hari terakhir telah mencapai 325 sampel. Seluruh sampel tersebut juga telah dikirim ke laboratorium Universitas Andalas untuk diteliti. “Tadi (Rabu- red) kita kembali melakukan swab, untuk jumlahnya belum bisa kita ketahui, karena belum semua specimen yang masuk ke kita,” tambahnya.

Kemudian lanjutnya, pasca ditemukannya 9 orang tenaga kesehatan Puskesmas Limo Kaum 1 yang terkonfirmasi positif Covid 19, Dinas Kesehatan Tanahdatar terus melakukan tracing terhadap orang yang pernah kontak erat. Selain keluarga dari pasien, tracing juga dilakukan terhadap masyarakat yang berobat ke puskesmas itu.

Sampai saat ini, akumulasi orang terkonfirmasi positif Covid 19 di Tanahdatar sebanyak 25 kasus, dengan rincian 13 orang sembuh, 2 meninggal dunia, 1 orang dirawat, dan 9 orang menjalani isolasi mandiri. (nas)