Positif Covid-19, Seorang PNS Polda Sumbar Meninggal Dunia

PADANG, KP – Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) meninggal duniasetelah dinyatakan positif corona (covid-19). PNS berjenis kelamin laki-laki yang dinas di bagian Bidang Profesi dan Keamanan (Bid Propam)itu menghembuskan napas terakhirnya di RSUP M Djamil Padang, Rabu (12/8).

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto membenarkan informasi tersebut. “Almarhum PNS Bid Propam. Meninggal dunia pukul 11.30 WIB di Rumah Sakit M. Djamil Padang,” ujar Satake Bayu dilansir langgam.id, Rabu (12/8).

Ia mengungkapkan PNS Polri yang meninggal dunia itu memiliki riwayat penyakit penyerta (komorbid). Sebelumnya yang bersangkutan juga sempat dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara.

“Almarhum sakit tipes, sempat dirawat lalu pulang, kemudian balik lagi terus dilakukan tes swab dan hasilnya positif covid-19. Teman-teman satu ruangan kerja dengan almarhum sudah diswab semua, hasilnya negatif,” jelas Satake.

Proses pemakaman PNS berusia 43 tahun itu dilakukan sesuai protap kesehatan covid-19 oleh pihak RSUP M Djamil Padang.

Sebelumnya, seorang pasien covid-19 asal Kabupaten Tanahdatar juga meninggal dunia. Almarhum berjenis kelamin laki-laki dan meninggal saat menjalani perawatan di RS Ahmad Muchtar Bukittinggi. Pasien disebut tidak memiliki penyakit bawaan/penyerta.

“Innalillahi wainnailaihi rajiun, satu orang warga kita meninggal dunia di RS Ahmad Mukhtar, semoga arwah almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga diberi kesabaran,” ucap Kadis Kesehatan Kabupaten Tanahdatar Yesrita Zedrianis, sebagaimana dikutip dari laman resmi tanahdatar.go.id.

Kabid P2P Dinkes Roza Mardiah menyampaikan istri almarhum juga positif covid-19. Mereka terinfeksi virus corona dari klaster UPT Puskesmas Lima Kaum I yang sebelumnya sudah dilaporkan 9 orang terkonfirmasi positif covid-19.

“Untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas, kita sudah melakukan tracing terhadap masyarakat yang kontak erat dengan yang sudah terkonfirmasi positif covid-19,” ujarnya.

Ia berharap kepada masyarakat yang mempunyai riwayat berobat atau memeriksa kesehatan ataupun melaksanakan kegiatan lain di Puskesmas Lima Kaum I dalam jangka waktu 24 Juli hingga 8 Agustus 2020 yang berpotensi terjadi kontak erat terhadap para petugas kesehatan diharapkan melaporkan diri ke Dinas Kesehatan melalui Isharianto nomor HP 085274752700, Ola Anas HP 081266590263, dan Sisca Yenti HP 08126726368.

“Langkah selanjutnya, setelah dilakukan tracing maka akan dilakukan uji swab secara bertahap di lima tempat, yakni RSUD MA Hanafiah Batusangkar, Puskesmas Pagaruyung, Puskesmas Sungai Tarab II, Puskesmas Gurun, dan Puskesmas Lima Kaum II di Cubadak,” tutur Roza.

Ia meminta masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak, hindari kerumunan, dan selalu meningkatkan imun tubuh. (lgm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tujuh Kios di Lubuk Alung Ludes Terbakar

Rab Agu 12 , 2020
PADANGPARIAMAN,KP – Sebanyak tujuh petak kios di Simpang Jambak, Nagari Balah Aie, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman habis dilalap ‘si jago merah’, Rabu pagi (12/8), sekitar pukul 08.30 WIB. “Api berawal dari pembakaran sampah di belakang kedai jok sepeda motor yang berada di samping ketujuh petak kios yang terbakar itu. […]