29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Catatan Sungai Nanam, Teruslah Bergerak! H. Adi Bermasa

UCAPAN syukur pantas diucapkan pada pemuka warga Sungai Nanam yang di nagarinya sudah ada Yayasan Peduli yang bergerak membantu warga dilanda kesusahan. Tentu harapan kita begitu besar dengan keberadaan yayasan yang bergerak di bidang sosial itu untuk mensejahterakan masyarakat dalam arti yang sesungguhnya, seperti diberitakan KORAN PADANG terbitan Kamis (13/8).

Meski tahap awal, yayasan sudah melakukan aksi sosial berupa membantu warga duafa seperti terpampang dalam foto media ini di halaman empat, namun usaha terprogram berkelanjutan perlu dimunculkan. Terlebih, dengan tampilnya anak muda Mulyono Supratmal Candra, bintara pembina di Nagari Sungai Nanam ini sebagai Ketua Dewan Pembina dan pendiri yayasan, Insya Allah gerak yayasan akan menggembirakan. Kitapun tentu maklum tentang kedisiplinan Mulyono sebagai pembina karena beliau adalah anggota TNI.

Beruntunglah Sungai Nanam punya anak muda Mulyono Supratmal Candra. Semoga dalam waktu tak begitu lama nagari itu bangkit seperti banyak nagari lainnya. Tak ada salahnya unsur Yayasan Peduli Sungai Nanam melakukan study wisata ke desa-desa yang babinsa/bhabinkamtibmas-nya berhasil menggerakkan program kerakyatan.

Potensi pertanian, perkebunan, perikanan, dan lainnya yang ada di Sungai Nanam diharapkan benar-benar mampu memberi kesejahteraan kepada warganya. Mari berantas kemiskinan dengan kerja keras terjadwaldan terukur.

Kaya, sejahtera, atau miskin suatu kawasan sebenarnya itu bukanlah nasib. Melainkan faktor kemalasan yang masih menggurita. Dan Yayasan Peduli sudah muncul. Semoga semua penghambat kesejahteraan enyah secara bertahap dari Sungai Nanam yang ibarat sekeping tanah sorga terdampar ke Kabupaten Solok.

Usaha ekonomi produktif diharapkan jadi garapan unggulan oleh yayasan peduli ini. Berlanjut dengan program lainnya. Untuk itu, yayasan perlu program kerja yang disepakati. Kerjasama internal dan eksternal mesti terus dibina. ‘Mambangkik batang tarandam’ perlu jadi prioritas kerja yayasan ini. Sehingga, tak ada lagi ada problema sosial mendera. Rakyat makmur, padi manjadi, jaguang maupieh. Urang kampuang sanang lahir bathin.

Selamat untuk generasi peduli Sungai Nanam. Bersama kita bisa sejahtera. Insya Allah. *