21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

JELANG PENDAFTARAN Bawaslu Gelar Rakor Pengawasan Tahapan Pilkada 2020

LIMAPULUH KOTA, KP- Jelang dilaksanakannya pendaftaran bakal calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota,Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Tahapan Pencalonan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, di salah satu ruang pertemuan di kawasan Tanjung Pati, Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (13/8).

Kegiatan yang diikuti stakeholder di Kabupaten Limapuluh Kota itu juga dihadiri sejumlah pengurus partai politik, pihak Kepolisian dan TNI dan wartawan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra mengatakan, Pilkada tahun 2020 adalah Pilkada yang dilaksanakan ditengah Pandemi Covid-19 atau corona. Untuk itu tetap perlu diperhatikan protokol kesehatan.

Ke depan, menurutnya, Bawaslu akan terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama jelang pendaftaran bakal pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Hari ini (kemarin-red) merupakan 23 hari jelang pendaftaran bakal pasangan calon Bupati-Wakil Bupati dari jalur perseorangan maupun bakal pasangancalon dari jalur partai politik. Kita ingatkan semua pihak untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, sehingga tidak ada yang dirugikan nantinya,” ujar Yoriza Asra.

Yoriza Asra juga mengingatkan adanya potensi-potensi persoalan yang akan terjadi nantinya saat pendaftaran ke KPU, diantaranya pendaftaran di injury time atau hari terakhir yang rawan masalah, adanya indikasi mahar politik yang terjadi dalam proses pencalonan, bakal pasangan calon menggunakan dokumen palsu dan konflik kepengurusan parpol.

“Untuk meminimalisir berbagai persoalan yang akan muncul nantinya, kita gelar rakor yang diikuti berbagai stakeholder, termasuk partai politik,” ucapnya.

Yoriza Asra menambahkan, kegiatan rakor yang digelar selama satu hari itu juga menghadirkan narasumber dari Bawaslu Provinsi Sumbar dan pengamat hukum dan Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sumbar. (dst)