18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PASCA 6 BULAN BELAJAR DI RUMAH Wako Fadly Tinjau Pembelajaran Tatap Muka Hari Pertama

PADANGPANJANG, KP – Hari pertama pembelajaran tatap muka tingkat SMP di Kota Padangpanjang dilaksanakan setelah hampir satu semester tidak belajar di sekolah. Walikota Padangpanjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano bersama Sekretaris Daerah Sonny Budaya Putra dan Jajaran OPD terkait langsung meninjau sekolah-sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Di dalam kelas, Wako Fadly melihat susunan meja belajar siswa, mengingatkan siswa untuk tetap memakai masker, rajin mencuci tangan dan jangan melakukan kontak fisik dengan sesama teman. “Tindakan ini kami sampaikan kepada siswa sekalian agar paham dan patuh terhadap protokol Covid, supaya tidak ada nantinya klaster baru yang tumbuh di sekolah, kami juga meminta siswa yang berangkat ke sekolah menggunakan angkot untuk dapat menggunakan sarung tangan,” jelas Wako Fadly, Kamis (13/8).

Wako Fadly juga mengingatkan guru untuk memberikan contoh yang baik terhadap siswanya, jangan nanti masker yang digunakan terletak di bawah dagu sehingga membuat siswa ikut melakukan.

Ia menegaskan kesehatan dan keselamatan siswa menjadi prioritas. Pembelajaran tatap muka diselingi dengan Daring dan Luring. “Tetap anak-anak Daring. Libur sehari, sekolah di hari berikutnya. Kita buat atmosfir sekolah memperhatikan protokol covid-19,” ungkapnya.

Pembelajaran tatap muka, kata Wako Fadly, akan dijalankan lebih pendek waktunya, sehingga anak-anak cepat pulang. Istirahat hanya 10 menit dikawal guru dalam kelas. Murid membawa bekal dari rumah dan menghindari kontak fisik.

“Kelas ini sesingkat mungkin, seefektif mungkin untuk anak-anak,” lanjutnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang H. Nuryanuwar mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan petugas kesehatan yang memantau sejauh mana protokol kesehatan diterapkan. 

“Kita membentuk tim untuk pengawasan secara kontinu, mulai hari ini saja semua Puskesmas kita perintahkan untuk supervisi dan monitoring sejauh mana protokol kesehatan dilaksanakan,” katanya.

Sejumlah pihak dari Pemerintah Kota Padangpanjang seperti Dishub, Pol PP dan sejumlah pejabat diturunkan mengawasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah. Segala upaya terus dilakukan agar jangan sampai nanti ada klaster baru di sekolah, membuat kerinduan untuk belajar di sekolah tersurutkan lagi.