18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bundaran Simpang Empat Dihiasi ‘Merah Putih’, Wali Nagari Hingga Mahasiswa Turun Tangan

SIMPANGEMPAT, KP – Wali Nagari Lingkuang Aua Fahrezi, menghias Tugu Bundaran Simpang Empat dengan memasang puluhan bendera merah putih dan juga marawa sebagai bentuk turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 tahun 2020.

Kegiatan itu diselenggarakan bersama-sama dengan anggota Karang Taruna Paga Nagari dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Imam Bonjol Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (Yappas) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Yaptip Pasaman Barat, Kamis (13/8).

Fahrezi kepada Koran Padang mengatakan, kegiatan itu dalam rangka memperingati hari kemerdekaan dan mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa ini. Di mana sudah sepatutnya dihormati dan dikenang jasanya. “Untuk mengenang arti perjuangan itu, kita sebagai penerus wajib memasang dan mengibarkan bendera merah putih terutama pada bulan Agustus ini,” katanya di Simpang Empat.

Ia menambahkan, tema HUT RI ke-75 tahun 2020 yakni “Indonesia Maju”. Indonesia Maju dianggap sebagai sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita diharapkan mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Fahrezi yang juga merupakan mantan Tenaga Ahli DPR RI itu mengatakan, inisiatif tersebut muncul secara bersama-sama dari para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna dan para mahasiswa. “Meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19, kita tidak boleh surut semangatnya untuk mengibarkan bendera. Walaupun kita tidak bisa melaksanakan kegiatan lainnya untuk memperingatinya seperti tahun-tahun sebelumnya,” lanjutnya.

Kemudian ia menyampaikan terima kasih atas bantuan dan support dari sponsor yang telah memberikan bantuan bendera dan perlengakapn lainnya. “Kami sampaikan terima kasih kepada Bank Nagari Cabang Simpang Empat, Bank BRI Simpang Empat, Bank Mandiri KCP Pasaman, PT Hayati Pasaman Barat dan PT DIPO Andalas Berlian Motor. Semoga dengan semangat kemerdekaan ini, kita bisa bersama-sama membangun daerah yang kita cintai ini,” tuturnya.

Kemudian ia juga mengajak seluruh masyarakat di Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat pada umumnya untuk bersama-sama memasang bendera di depan rumah masing-masing sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. “Para pahlawan dulunya memperjuangkan kemerdekaan ini dengan angkat senjata dan mempertaruhkan nyawa. Kita saat ini hanya diminta mengisi kemerdekaan itu dengan menghargai jasa mereka saja, itu saya rasa tidaklah sulit,” pungkasnya. (rom)