18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Hotel Indria Bukittinggi Nyaris Terbakar

BUKITTINGGI, KP – Hotel Indria Bukittinggi, bersebelahan dengan Hotel Ambun Suri yang berada di Jalan Agus Salim (Simpang DPRD Bukittinggi-red) nyaris terbakar, Jumat (14/8) sekitar pukul 14.45 wib.

Informasi yang diperoleh KORAN PADANG menyebutkan, Hotel Indria yang berdempetan dengan Hotel Ambun Suri berada di pusat kota itu mengagetkan pengunjung Bukittinggi yang lalu lalang dengan gumpalan asap dari bangunan tambahan di lantai atas Hotel Indria. Ternyata asap itu memunculkan api yang mulai membesar di puncak Hotel Indria, di mana bangunan tambahan itu terbakar.

Pengunjung yang lalu lalang saat itu berpekikan menyebutkan kebakaran. Pekikan pengunjung itu didengar petugas Pemadam Kebakaran Bukittinggi yang bermarkas hanya sekitar 50 meter dari Hotel Indria. Tidak menunggu lama, semua armada Pemadam Kebakaran Bukittinggi datang ke lokasi memberikan bantuan dan ditambah 3 armada pemadam kebakaran Kabupaten Agam. Dalam sekejab, api sudah dapat dipadamkan dan tidak merembet kemana-mana.

Kabid Pengendalian Operasional, Penyelamatan Sarana dan Prasarana Dinas Kebakaran Bukittinggi, Susilo kepada KORAN PADANG menyebutkan, bangunan tambahan Hotel Indria yang terbakar di lantai atas Hotel Indria merupakan bangunan tambahan yang terbuat dari kayu berukuran 4 Meter X 6 Meter dan merupakan kamar karyawan hotel. Saat terbakar, menurut pengakuan karyawan hotel, mereka tidak tahu dari mana asal api dan yang pasti dari bangunan tambahan itu muncul saja asap tebal dan juga api.

“Namun, api tidak sempat membesar, karena kantor Pemadam kebakaran Bukittinggi yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Hotel Indria dengan cepat dapat dipadamkan armada Pemadam Kebakaran Kota Bukittinggi dan tidak lama berselang juga datang 3 unit armada Pemadam Kebakaran Pemkab Agam turut memberikan bantuan. Dalam kejadian kebakaran itu, hanya bangunan tambahan yang di lantai atas saja yang terbakar dan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” ungkap Susilo.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Bukittinggi, Shabirin Rachmat yang turun langsung ke lapangan melihat kebakaran itu, sangat mengapresiasi kinerja petugas armada kebakaran Bukittinggi. Walaupun antara kantor pemadam kebakaran dengan Hotel Indria hanya bersebelahan jalan saja, namun dengan sigapnya kebakaran itu dapat diatasi dengan cepat. Sehingga tidak menyebar ke lantai lainnya dan bahkan ke bangunan lainnya yang berada di sekitar Hotel Indria.

“Apalagi Hotel Indria juga berdempetan dengan Hotel Ambun Suri dan bangunan lainnya, di seberang jalan dari Hotel Indria, ada Gedung DPRD dan kantor Dinas Kebakaran Bukittinggi,” kata Shabirin Rachmat.

Dengan musim kemarau sekarang ini, Shabirin Rachmat selaku Ketua Komisi I DPRD Bukittinggi mengimbau kepada masyarakat untuk selalau berhati-hati dalam bahaya kebakaran. “Pastikan semua cantolan listrik ataupun kompor gas dan lainnya betul-betul aman,” pungkasnya. (eds)