18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kasus Positif Covid-19 di Tanahdatar Bertambah 4 Orang

BATUSANGKAR, KP – Kasus terkomfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tanahdatar bertambah 4 orang. Penambahan itu berdasarkan laporan hasil pemeriksaan dari Laboratorium Fakultas Kesehatan Unand, Jumat (14/8) kemarin. “Data tambahan hari ini Jumat (14/8), ditemukan 4 sampel terkonfirmasi positif (2,8 persen) dari 142 sampel spesimen yang dikirim ke Laboratorium Kesehatan Unand,” ujar Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanahdatar Roza Mardiah melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Keempat pasien yang terkomfirmasi positif tersebut ungkapnya, yakni Laki-laki (18 tahun) pelajar, alamat Kampung Baru Lima Kaum. Perempuan (21 tahun) pekerjaan mahasiswi, alamat Kampung Baru Lima Kaum, Laki-laki (59 tahun) pekerjaan swasta, alamat  Kampung Baru Lima Kaum dan Laki-laki (39 tahun) pekerjaan guru, alamat  Kampung Baru Lima Kaum. “Dari 4 kasus yang terkonfirmasi positif ini, merupakan dua keluarga,” ucapnya.

Dengan tambahan 4 kasus itu jelasnya, total pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 42 kasus. Dengan rincian, 13 orang sudah sembuh, 2 orang meninggal dunia, 1 orang dirawat di RSUP M Jamil Padang, 1 orang di RS Ahmad Mukhtar Bukiitinggi, serta 2 orang di RSUD Padangpanjang dan 23 orang penanganan isolasi mandiri.

Dikatakannya, dengan adanya penambahan 4 kasus Positif Covid dari cluster UPT Lima Kaum 1 itu maka tracing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi semakin ditingkatkan. “Petugas dan surveilan tentunya akan lebih bekerja keras lagi untuk melakukan tracing. Sehingga mata rantai penyebaran bisa dicegah semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Kepada masyarakat, Roza juga meminta agar disiplin dan selalu memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, serta jaga jarak dan hindari kerumunan. “Kita berpesan agar masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker, mencuci tangan untuk memutus penularan,” pungkasnya. (nas)