18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KPU Pasaman Gelar ‘Pers Gathering’ Bersama Wartawan

LUBUKSIKAPING, KP – Suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu di Kabupaten Pasaman, salah satunya tidak terlepas dari peran Media (Pers) yang telah memberikan informasi kepada masyarakat luas, mulai dari tahapan hingga proses pelantikan. Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman, Rodi Andermi pada acara “Pers Gathering” dengan tema Silaturahmi KPU Kabupaten Pasaman dengan Insan Pers, dalam rangka mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman tahun 2020 di Wisata Linjuang Tonang Lubuksikaping, Kamis (13/8) kemarin.

Pada acara itu, KPU juga melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan awak media Pasaman tentang kerjasama penyebaran informasi terkait penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman tahun 2020. Turut hadir dalam kesempatan itu jajaran anggota Divisi KPU Pasaman, Sekretaris KPU Pasaman, Pegawai sekretariat KPU serta puluhan awak media pasaman baik cetak,  elektronik, maupun media online lainnya.

Rodi Andermi mengatakan, sinergitas antara KPU dan awak media harus tetap terjaga. Sebab menurutnya, tanpa peran media, sosialisasi maupun tahapan lainnya sulit diketahui masyarakat karena keterbatan informasi. “Alhamdulillah partisipasi masyarakat Pasaman pada pilkada 2015 lalu hanya mencapai 65 persen, namun pada Pilkada tahun 2020 ini KPU Pasaman menargetkan partisipasi pemilih di angka 77 parsen.  Untuk mencapai hasil tersebut, tentu kita butuh peran media juga, ke depan sinergitas tetap harus kita jaga,” ujarnya.

Disebutkannya, tahapan Pilkada seharusnya sudah dilaksanakan pada Maret 2020 lalu. Namun, dikarenakan pencegahan penularan wabah Covid-19, pelaksanaannya terpaksa ditunda. “Mengenai pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tentunya kita ingin yang berkualitas. Agar hal itu terwujud, maka kita nantinya akan mensosialisasikan tahapan-tahapannya kepada para media massa. Karena media memiliki peran penting dalam pesta demokrasi. Media adalah saran edukasi dan menjadikan pendidikan bagi banyak orang,” ulasnya.

Ia berharap, dengan silaturahmi antara KPU dan insan pers Pasaman yang dikemas dengan Pers Gathering, ke depan dapat membantu menyebarluaskan pendidikan Pemilu agar masyarakat bertambah cerdas. Karena peran media merupakan garda terdepan dalam menyebarluaskan informasi di tengah masyarakat. Selain itu, media juga memiliki peran dalam mengawal proses demokrasi yang berkualitas.

“Kami yakin dan percaya, kawan-kawan pers bersikap professional dalam bekerja, mampu menyampaikan informasi yang benar, akurat dan seimbang. Informasi yang rekan-rekan jurnalis sajikan kepada khalayak adalah bentuk tanggungjawab, karena dalam menjalankan tugas rekan-rekan tetap berpedoman pada etika-etika jurnalistik yang ada, yaitu melalui check and re-check yang balance dalam menuangkan hasil liputannya kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, biasanya keseimbangan kondisi politik menjelang tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman akan mengalami suhu atau tensi yang sangat tinggi. Untuk itu, pihaknya sangat berharap kepada rekan-rekan insan pers agar bisa menurunkan suhu atau tensi tersebut, sehingga kondisi perpolitikan di Kabupaten Pasaman dalam keadaan aman dan terkendali.

“KPU Kabupaten Pasaman sebagai penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman akan menjunjung tinggi asas-asas penyelenggara, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta melaksanakan prinsip-prinsip sebagai penyelenggara, yaitu mandiri, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel, efektif dan efisien,” katanya. 

Hingga saat ini kata Rodi, tahapan yang sedang berjalan yakni pencocokan dan penelitian dari 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Selanjutnya untuk tahapan penyelenggara, yakni pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dimulai dari 4 hingga 6 September 2020 nanti, verifikasi persyaratan pencalonan dari 4-22 September 2020. Lebih jauh disebutkan Rodi, untuk penetapan Paslon 23 September, kemudian 24 September pengundian nomor urut calon. Untuk kampanye dimulai 26 November hingga 5 Desember dan pemungutan suara dilaksanakan pada 9 Desember 2020.