18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

TERMASUK DAERAH TERCEPAT Pemkab Padangpariaman Telah Bayarkan Gaji ke-13 Seluruh ASN

PARITMALINTANG, KP – Pemerintah Kabupaten Padangpariaman telah membayarkan gaji ke-13 bagi seluruh jajaran ASN di Lingkungan Pemerintah Padangpariaman. Proses pencairan gaji ke-13 itu, diawali dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 tahun 2020 mengenai pemberian gaji, pensiun, tunjangan, atau penghasilan ketiga belas tahun 2020. Kemudian terbit Peraturan Menteri Keuangan No. 106/PMK.05/2020 yang kemudian dilanjutkan Peraturan Kepala Daerah.

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni berharap, pencairan gaji ke-13 itu dapat memberikan stimulus tambahan bagi roda perekonomian yang sedang lesu akibat pandemi Covid-19. Kecepatan pencairan gaji ke-13 itu kata Bupati, sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah daerah untuk stimulus perekonomian di daerah.

“Padangpariaman termasuk daerah tercepat dalam pencairan gaji ke-13. Saya sudah tanda tangani Peraturan Bupati-nya. Tujuannya agar meringankan biaya masuk sekolah juga sebagai program pemulihan ekonomi karena pandemi Covid-19,” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Inspektur Hendra Aswara, Rabu (12/8).

Disebutkannya, adapun dana yang disediakan untuk 8.000-an ASN di Padangpariaman, yakni sebesar Rp 30 Miliar yang mulai disalurkan sejak Selasa lalu. Dilanjutkan pengajuan SPM oleh masing-masing perangkat daerah.

Sementara Inspektur Hendra Aswara mengatakan, gaji ke-13 diharapkan agar aparatur bisa memenuhi kebutuhan belanja untuk tahun ajaran baru dan pendidikan bagi anak-anak. Sekaligus juga bisa memberikan stimulus ekonomi untuk mendorong kembali pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Komponen yang dibayarkan dalam gaji ke-13 tersebut jelasnya, meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan serta tidak termasuk tunjangan kinerja atau sejenisnya. “Kita apresiasi Bupati yang sudah membayarkan gaji ke-13, semoga ekonomi bergerak, pasar kembali ramai dan dapat dimanfaatkan ASN Padangpariaman sesuai kebutuhannya,” ujar Mantan Kabag Humas itu. (war)