27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

TUTUP PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI WISATA Bupati Gusmal Harapkan Pengelola Pariwisata Jadi Pelopor Kemajuan Wisata Kabupaten Solok

SOLOK, KP – Bupati Solok H. Gusmal, menutup Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Kabupaten Solok, di Kryad Bumi Minang Hotel kota Padang, Jumat  (14/8).Tampak hadir pada acara tersebut Kadis Pariwisata Nasripul Romika, Kadis Penanaman Modal, PTSP dan Naker diwakili Sekretaris Marcos Sophan, Kabag BPBJ Khairul, Kabag Humas, Syofiar Syam dan lainnya.

Ketua Panitia acara, Nasripul Romika menyebutkan, dasar pelaksanaan kegiatan yakni DPA Dinas Pariwisata Kabupaten Solok tahun anggaran 2020. “Tujuan kegiatan adalah memahami serta memveriifikasi produk dan dasar kepariwisataan, memahami pelayanan prima, mampu mengimplementasikan kompetisinya untuk meningkatkan kinerja sesuai bidang masing-masing dan mengetahui serta memahami sapta pesona di Kabupaten Solok,” sebut Nasripul Romika.

Disebutkannya, hasil dari kegiatan itu diharapkan pelaku pengelola pariwisata dapat menjadi pelopor dan garda terdepan dalam memajukan wisata Kabupaten Solok. Sedangkan pelatihan diikuti 40 orang yang terdiri dari pengelola destinasi wisata dan kelompok sadar wisata. Di mana kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yakni Rabu hingga Jumat (12-14/8). Selain belajar tatap muka juga diadakan fieltrip atau studi lapangan.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal menyebutkan, sektor wisata jadi incaran banyak orang karena digunakan dan dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk rekreasi, refreshing dan hiburan keluarga. “Para wisatawan akan membawa dan mengeluarkan uang untuk kegiatan wisata ini dan hal ini tentunya akan berpengaruh serta memicu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok khususnya dan ekonomi Sumbar umumnya. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok baru di kisaran 5 persen dan ini sudah termasuk sumbangan dari sektor Pariwisata, kita masih harus bekerja dan berusaha lagi untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi tersebut dan salah satunya di bidang Kepariwisataan ini,” terang Bupati.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan itu, di mana sektor Pariwisata diharapkan sebagai salah satu bidang untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok. “Destinasi wisata perlu dikelola dengan baik, yakni berupa lingkungannya, manajemennya, masyarakat sekeliling nya dan ini harus dilakukan secara bersama-sama. Kegiatan ini juga mendukung salah satu pilar pembangunan Kabupaten Solok, yaitu bidang pariwisata dan peningkatan ekonomi kerakyatan,” ulasnya.

Maka dari itu disampaikan ucapan terimakasih kepada semua peserta yang sudah mengikuti kegiatan itu dengan baik dan memahami semua materi yang didapatkan di pelaksanaan Diklat tersebut. “Kepada saudara-saudara, agar dapat mempraktekkannya dan mengimplementasikannya di lapangan sesuai bidang masing-masing. Bagi wisatawan mancanegara, lakukan dan ciptakan hal-hal spesifik yang tidak dimiliki negaranya, seperti pacu jawi, teh talua, pakaian kebaya dan lain sebagainya,” papar Bupati.

Untuk dalam negeri, Bupati Gusmal berpesan agar ciptakanlah suasana yang sesuai Sapta Pesona. Di antaranya bersih, ramah, baik dan penataan yang profesional. Selain itu dalam pelaksanaan kegiatan hingga selesai agar memakai dan mematuhi protokol kesehatan, yakni jaga jarak, sering cuci tangan dan pakai masker. (wan)