Akun Facebook Wako Riza Falepi Dipalsukan ‘Kades’

PAYAKUMBUH,KP- Akun media sosial Facebook Walikota Payakumbuh Riza Falepi dipalsukan untuk membajak WhatsApp teman-teman Wako Riza. Kronologisnya, pada Senin lalu (10/8), beberapa teman Facebook Wako Riza menerima permintaan pertemanan oleh akun bernama Riza Falepi. Akun itu betul-betul mirip dengan akun asli milik wako, bahkan informasi pribadi wako ditiru oleh akun baru itu.

Selanjutnya, akun palsu yang mengaku Riza Falepi itu mengirim pesan via messenger kepada teman-teman Facebook Wako Riza dan meminta nomor HP WhatsApp (WA). Lalu pelaku menyuruh si penerima mengirim nomor kode verifikasi yang dikirim WhatsApp melalui pesan SMS ke HP pengguna. Diduga kuat, modus ini dilakukan untuk mengambilalih atau membajak akun WhatsApp. Jika akun WA telah dibajak, maka pelaku akan menghubungi beberapa kontak teman WA pemilik nomor dan meminta sejumlah uang.

Menyikapi kejadian itu, Wako Riza mengaku sedang melacak pelaku. Namun demikian, Walikota Payaumbuh dua periode itu masih berpikir-pikir dahulu untuk melapor ke pihak berwajib.

“Kita masih melacaknya, kalau barang bukti sudah jelas, maka tidak tertutup kemungkinan kita akan mengambil tindakan hukum,” kata Riza.

Sekadar informasi, akun Facebook asli Riza Falepi dapat dicari dengan username riza.falepi.52.Sedangkan akun palsu yang mengatasnamakan Riza Falepi usernamenya badar.kusnandar.7Saat dicari tahu, nama badar.kusnandar ini adalah seorang kepala desa (kades) di salahsatu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Namun, jika dilihat dari laman Facebooknya, Badar Kusnandar juga menjadi korban aksi kejahatan pelaku.

Saat iniakun Facebook penipu tersebut tidak bisa dicari lagi. Kemungkinan sudah dihapus oleh yang bersangkutan. Namun bukti percakapannya meminta nomor HP lewat messenger tersebut sudah di-screenshot oleh beberapa teman Wako Riza Falepi.(dho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Di Masa Pandemi, APBD-P Payakumbuh 2020 Alami Pergeseran

Rab Agu 12 , 2020
PAYAKUMBUH,KP- Walikota Payakumbuh, Riza Falepi bersama DPRD setempat melakukan penandatanganan […]