LPPM UNP Gelar Seminar dan Workshop PJJ di SDN 03 Pakan Labuah

BUKITTINGGI, KP – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP), menggelar seminar dan workshop Pelatihan Pengembangan Keterampilan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi guru SDN 03 Pakan Labuah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Kota Bukittinggi.

Seminar dan Workshop  yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti semua majelis guru, dengan pemateri Refiona Andika dan Sherlyane Hendri dari UNP, Ary Kiswanto Kenadi dari Universitas Samudra Aceh dan Irsyadunas dari dan STKIP PGRI Sumbar.

Ketua Pelaksana Kegiatan Program Kemitraan masyarakat, Refiona Andika mengatakan, seminar dan workshop  yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru-guru dalam pembelajaran jarak  jauh. Sebab, di era new normal sekarang ini para guru harus bisa memaksimalkan perkembangan teknologi sebagai tempat pendidikan, proses interaksi antara peserta didik dengan guru, serta sebagai sumber untuk belajar.

Dikatakannya, Pelatihan bagi guru SDN 03 Pakan Labuah itu berlangsung selama tiga hari penuh mulai dari Selasa (4/8) hingga Kamis (6/8). Yang mana pelatihan diawali dengan materi mendesain pembelajaran, cara melakukan penilaian pembelajaran jarak jauh, strategi pembalajaran jarak jauh menggunakan Googgle Classroom, serta cara pembuatan video pembelajaran menggunakan Kinemaster.

“Melalui pelatihan yang dilaksanakan, diharapkan guru SDN 03  Pakan Labuah benar-benar siap untuk digitalisasi sekolah, yang merupakan terobosan baru dalam memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mempermudah proses belajar mengajar,” ujar Refiona.

Di samping itu lanjutnya, melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan IT. Di mana sebelumnya mereka belum bisa menggunakan Kinemaster untuk membuat video pembelajaran, sekarang mereka sudah bisa. Begitu juga dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar.

“Jika ternyata era new normal baru ini berlangsung lebih lama dari perkiraan, maka para guru sudah tidak kalang kabut lagi melakukan pembelajaran jarak jauh  secara daring. Karena guru dan siswa sudah semakin mudah mengakses bahan ajar, baik itu melalui Google Classroom, Google Form, maupun Kinemaster,” ulasnya.

Sementara itu Kepala SDN 03 Pakan Labuah Supriyati, menyampaikan terima kasih kepada LPPM UNP yang telah  memberikan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Pembelajaran Jarak Jauh bagi guru SDN 03 Pakan Labuah. Pelatihan yang diberikan tentunya sangat bermanfaat sekali bagi majelis guru dalam memberikan bahan ajar secara daring.

“LPPM UNP menawarkan SDN 03 Pakan Labuah untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan G-Suite untuk pembelajaran  jarak jauh, serta pemanfaatan aplikasi-aplikasi Google yang bisa digunakan untuk pembelajaran online. Di antaranya Google Classroom, Google Drive, Google Calender dan aplikasi lainnya,” ujar Supriyati.

Dia menyebutkan, selama pelatihan, majelis guru diberikan pemaparan materi disertai praktek strategi pembelajaran jarak jauh, penggunaan aplikasi yang mudah dan menarik dalam pembelajaran jarak jauh, proses penilaian pada pembelajaran jarak jauh dan mendesain pembelajaran jarak jauh  di era new normal.  “Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini, dibuka secara langsung oleh pengawas sekolah Firdaus,” tukas Supriyati. (eds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PERINGATI HARI LAHIR POLISI WANITA Polwan Polres Bukittinggi Laksanakan Kegiatan Sosial

Kam Agu 6 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan melibatkan kaum wanita, baik korban maupun pelaku kejahatan. Polwan di Indonesia lahir pada 1 September 1948, berawal dari Kota Bukittinggi, […]