PERINGATI HARI LAHIR POLISI WANITA Polwan Polres Bukittinggi Laksanakan Kegiatan Sosial

BUKITTINGGI, KP – Sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan melibatkan kaum wanita, baik korban maupun pelaku kejahatan.

Polwan di Indonesia lahir pada 1 September 1948, berawal dari Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, di mana terjadinya pengungsian besar-besaran, pria, wanita dan anak-anak meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik -titik peperangan. Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa Polisi, namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh Polisi pria.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka “Pendidikan Inspektur Polisi” bagi kaum wanita. Setelah melalui seleksi terpilihlah 6 orang Polwan pertama di Indonesia. Maka, dalam rangka memperingati hari lahir Polisi Wanita tahun 2020 tersebut, Polwan Polres Bukittinggi melaksanakan kegiatan sosial. Kegiatan Sosial yang dilaksanakan Polwan Polres Bukittinggi tersebut dilepas secara simbolis oleh Waka Polres Bukittinggi Kompol Indra Sandy Purnama Sakti, di halaman Polres Bukitttinggi, Rabu (5/8).

Kegiatan sosial yang dilaksanakan memberikan bantuan sosial berupa paket sembako ke Panti Asuhan Yatim Dhuafa Mande Kandung yang beralamat di Pakan Sinayan Kec. IV Koto Kab. Agam. Selain bakti sosial, Polwan Polres Bukittinggi juga memberikan tali asih kepada sesepuh Polwan yang berada di Bukittinggi. Penyerahan tali asih diserahkan oleh Iptu Rosminarti didampingi Polwan Polres Bukittinggi kepada Sesepuh Polwan, yakni Peltu Purn Hj. Salaty  dan AKBP. Purn. Hj. Syafridawati.

Dan tak luput menjadi perhatian Polwan Polres Bukittinggi terkait Covid-19, oleh karena itu Polwan Polres juga melaksanakan pembagian masker kepada masyarakat yang dilaksanakan di depan tugu bersejarah bagi Polwan Indonesia yaitu Tugu Polwan yang berdiri megah di Pusat Kota Bukittinggi. (oki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bamus DPRD Jawa Barat Kunker ke Bukittinggi

Kam Agu 6 , 2020
BUKITTINGGI, KP – Wakil Walikota Bukittinggi H. Irwandi menerima secara […]