Perkembangan Baru Pandemi

PERKEMBANGAN pandemi covid-19 di Sumbar mencatatkan sebuah informasi yang mungkin cukup berharga. Informasi itu disampaikan Wakil Ketua Crisis Centre Covid-19 RSAM Bukittinggi dr. Deddi Herman, seperti diberitakan media massa terbitan Sumbar, Rabu (12/8).

Disebutkannya, warga Sumbar yang meninggal murni karena virus corona tanpa penyakit bawaan/penyerta (komorbid) hanya satu orang. Pasien yang tidak disebutkan identitasnya itu berasal dari Batusangkar, Kabupaten Tanahdatar. Almarhum dirawat sejak 8 Agustus dan meninggal Selasa pagi (11/8). Menurut dr. Deddi Herman, pasien berusia 56 tahun itu tidak memiliki penyakit penyertaatau komorbid.

Setelah berbulan-bulan kita melalui pandemi, ini jelas sebuah informasi yang baru. Sebab, selama ini pasien yang meninggal dunia memiliki penyakit penyerta. Di Sumbar, tercatat korban meninggal akibat covid-19 sebanyak 36 orang. Namun, dari keterangan resmi, yang benar-benar meninggal murni karena corona (tanpa disertai penyakit bawaan) hanya seorang, seperti yang dikatakan dr. Dedi.

Perkembangan yang terbilang baru ini tentu perlu ditindaklanjuti. Kalau penjelasan dr. Dedi benar-benar shahih (tanpa bermaksud meragukan), maka peta kesehatan Sumbar terkait pandemi ini berubah drastis.

Namun, yang jelas informasi ini bisa bermakna dua hal. Yang pertama, ‘melegakan’ karena korban meninggal murni karena virus corona sejauh ini satu orang. Di sisi lain, tak tertutup kemungkinan virus ini bermutasi sehingga lebih ganas dari sebelumnya. Maka, seperti yang disebutkan di atas, informasi tersebut perlu ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang berkompeten. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KASUS DUGAAN UJARAN KEBENCIAN Bupati Indra Catri Siap Penuhi Pemeriksaan

Rab Agu 12 , 2020
PADANG, KP – Bupati Agam Indra Catri telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik anggota DPR RI Mulyadi. Kepolisian Daerah (Polda) Sumbarmenjadwalkan pemeriksaan Indra Catri sebagai tersangka pekan depan. Indra Catri mengaku siap memenuhi panggilan pihak kepolisian tersebut untuk pemeriksaan atas kasus yang disangkakan […]