Peserta SKB CPNS 2019 Diharuskan Daftar Ulang

JAKARTA, KP- Bagi peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 yang telah lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) Maret lalu diharuskan untuk melakukan daftar ulang Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pengumuman dan daftar ulang dijadwalkan 1-7 Agustus 2020.

“Mulai 1 Agustus harusnya sudah diumumkan jadwal SKB di masing-masing instansi. Termasuk daftar ulang,” kata Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono, Minggu (2/8).

Menurutnya BKN sudah mengirimkan surat terkait jadwal tahapan seleksi lanjutan CPNS ke setiap instansi.Dia pun memastikan bahwa data pelamar yang lulus SKD dan berhak mengikuti SKB tidak akan berubah.

“Semua data kita yang pegang. Sehingga tidak ada data yang hilang, misalnya pelamar yang lulus jadi tidak ada ketika daftar ulang. Saya kira itu tidak akan terjadi,” tegasnya.

PELAMAR DIBEBASKAN PILIH LOKASI TES SKB

Ada yang berbeda pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) kali ini. Dimana untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS, para pelamar bisa memilih lokasi tes meskipun berbeda dari domisili maupun alamat KTP.

Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan dengan demikian peserta tidak perlu berpindah tempat dari lokasi bermukim saat ini.

“Jadi bisa tes SKB sesuai dengan saat ini dia dimana. Misalnya saat ini sedang di Yogyakarta, kan kesulitan kembali ke Jakarta. Berarti lokasi tesnya di Yogyakarta dan sekitarnya. Itu nanti akan ada pilihan,” ujarnya.

Ia menyebut kebijakan itu diambil karena SKB digelar di tengah pandemi covid-19. Dengan kebijakan ini maka pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain tetap dibatasi, sesuai dengan rekomendasi gugus tugas.

“Jangan sampai yang dari zona merah ke zona hijau atau zona hijau malah ke zona merah,” ulasnya.

Dia meyakini kebijakan ini akan memudahkan peserta dalam mengikuti seleksi lanjutan CPNS 2019 karena peserta tidak perlu melakukan perjalanan jauh antar provinsi. (ozc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pandemi, Antusiasme Berkurban Meningkat

Ming Agu 2 , 2020
PADANG, KP – Pandemi covid-19 ternyata tak menyurutkan minat masyarakat Sumbar untuk berkurban. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah total hewan kurban di Sumbar pada Idul Adha tahun ini. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) H. Hendri dalam sambutannya saat prosesi penyerahan dan penyembelihan sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid […]