PT KAI Tertibkan 78 Kios di Kawasan Stasiun Lubuk Alung

PADANG, KP – Pasca Kereta Api (KA) Sibinuang relasi Padang-Naras kembali beroperasi sejak 1 Agustus lalu, PT KAI Divre II Sumbar terus melakukan peningkatan pelayanan terhadap penumpang.Hal ini direalisasikan dengan penambahan fasilitas hingga perbaikan bangunan di beberapa stasiun di Sumbar.

Kepala PT KAI Divisi Regional II Sumbar Insan Kesuma, Rabu (5/8), mengatakan perbaikan juga menyentuhsekitar area Stasiun Lubuk Alung yang merupakan salah satu stasiun pemberangkatan yang dilalui KA Sibinuang.

“Saat ini kondisi bangunan di stasiun tersebut sudah tua dan tidak pernah direnovasi. Fasilitas pendukung yang terdapat di stasiun Lubuk Alung pun tidak lengkap dan tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM), seperti tidak adanya musala dan ruang ibu menyusui,” ujarnya.

Selain itu, jumlah penumpang dari dan/atau tujuan ke Stasiun Lubuk Alung meningkat sehingga perlu dilakukan rencana pengembangan serta renovasi keseluruhan terhadap bangunan stasiun tersebut. Renovasi itu membuat bangunan-bangunan di sekitarnya yang merupakan aset PT KAI harus dilakukan penertiban.

“Ada 78 petak kios yang berada di sekitar Stasiun Lubuk Alung yang kita tertibkan untuk mendukung rencana pengembangan danrenovasi bangunan Stasiun Lubuk Alung demi peningkatan pelayanan kepada penumpang kereta api,”terang Insan.

Terkait penertiban itu, pihaknya bahkan sejak awal Januari 2019 silam telah melakukan upaya persuasif melalui sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat atas pemakaian asettanah PT KAI dan pemberitahuan/peringatan tertulis sebanyak tigakali, termasuk melakukan somasi kepada masyarakat atas pemakaian asettanah PT KAI yang akan ditertibkan.

“Hasil sosialisasi dengan pemilik bangunan, PT KAI mengabulkan permintaan pemilik bangunan agar memberitenggang waktu pengosongan bangunan setelah hari raya Idul Fitri 1440 H yakni bulan Juni 2019, bahkan PT KAI Divre II memberikan kebijakan hinggaakhir Agustus 2019,” tukasnya. (fai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

WASPADA, COVID-19 TETAP MENGANCAM ASN dan Masyarakat Diimbau Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Rab Agu 5 , 2020
PADANGPANJANG, KP – Ancaman Covid-19 sudah mulai memasuki perkantoran. Seluruh […]