Wako Mahyeldi Dorong FIB Unand Bangun Kampung Sastra di Padang

PADANG, KP – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mendorong Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) untuk menghadirkan kampung sastra di Kota Padang.Menurutnya, keberadaan kampung sastra dinilai sangat penting untuk melestarikan dan mengabadikan karya sastra di Kota Padang dan Sumatera Barat. Disamping sebagai identitas kota bisa nantinya sebagai salah icont wisata baru di Kota Padang.

Hal itu disampaikan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah saat memberikan Kuliah Umum di ruang Seminar FIB Universitas Andalas dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19, Kamis lalu (6/8).Kuliah umum ini juga dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meetingdengan tema ‘Sastra dan Identitas Kota’.

Walikota mengungkapkan Pemko Padang telah menjalin kerjasama (MoU) dengan sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Padang termasuk dengan Universitas Andalas.

“Atas dasar kerjasamanya inilah kita mengajak seluruh perguruan tinggi di Kota Padang terutam Unand untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota Padang dalam mengelolah dan menghadirkan sesuatu yang baru termasuk bidang sastra,” ujar Mahyeldi.

Ia menambahkan, untuk mendukung seni dan budaya di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang sejauh ini telah memberikan insentif kepada tuo-tuo silek di Kota Padang. Upaya ini dilakukan untuk mendorong agar Pencak Silat di Kota Padang tetap eksis.

“Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang saat ini tengah membuat buku tentang objek-objek wisata sejarah di Kota Padang. Ada 24 objek wisata sejarah di Kota Padang yang sekarang coba kita bukukan yang nantinya kita jadikan lokus untuk pengembangannya,” kata Wako.

Orang nomor satu di Kota Padang itu pun berharap melalui Kuliah Umum ini akan lahir ide-ide untuk kemajuan Kota Padang dan Sumatera maupun Indonesia kedepan, khususnya mengenai Sastra.

“Maka dari itu kami atas nama Pemerintah Kota mengharapkan dukungan dan pemikiran-pemikiran yang idealis dalam menghasilkan ide-ide yang kreatif dari Bapak Ibuk, para pimpinan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas untuk kemajuan bangsa kedepan,” pungkas Wako Mahyeldi mengakhiri. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dewi Sutan Riska Tatap Muka dengan Ratusan Kader Andalan Bangsa Kencana se-Dharmasraya

Jum Agu 7 , 2020
PULAUPUNJUNG, KP – Bertempat di Gedung Pertemuan Umum Kecamatan Pulau […]