Wawako Erwin Yunaz Ingin Presiden dan Menteri ‘Kurban Randang’ di Payakumbuh

PAYAKUMBUH, KP – Setelah disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH), daging sapi kurban Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Payakumbuh telah diproses menjadi Randang di Sentra IKM Randang, Minggu (2/8) dan dikemas untuk dibagikan kepada masyarakat.

Senin (3/8), Randang kurban yang telah dikemas itu diserahkan secara simbolis kepada pengurus masjid dan camat di Aula Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh bersama Wakil Walikota Erwin Yunaz, Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten I Yoherman, Asisten II Elzadaswarman, Staf Ahli Syahril, Kadisnakerin Wal Asri, Kalaksa BPBD Yufnani Away, Kadis PUPR Muslim, Kadis Kesehatan Bakhrizal dan Kadis Ketapang Edvidel Arda.

Kadisnaskerin Wal Asri menyebut, antusias peserta kurban randang ASN yang baru pertama kali dalam sejarah itu sangat diapresiasi Walikota Riza Falepi. Bahkan Walikota dua periode itu juga mendukung apabila dapat terlaksananya kurban randang sebanyak 50 ekor sapi dari kolaborasi OPD dan pengurus masjid pada tahun depan. “Tahun ini sebagai langkah perdana, baru bisa 5 ekor, dan daging yang menjadi randang 125 kg, sisanya ratusan kantong daging segar dibagikan kepada THL kebersihan,” ujarnya.

Untuk informasi, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ASN dilaksanakan di RPH Koto Panjang sangat higienis. Kemudian untuk pembagian randang yang sudah jadi itu sebanyak 417 pouch (kantong) dalam ukuran 1/4 Kg, perbandingannya dari 5kg daging segar hasilnya sekitar 4kg randang jadi.

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz menyampaikan, kurban yang dikelola komunitas menjadi kekuatan besar dalam menciptakan kesejahteraan bagi seluruh umat. Bukan tidak mungkin gerakan itu membuat daerah lain bergerak mengikutinya. Sebagai branding dari kota Payakumbuh, Wako berharap hal tersebut sekaligus dijadikan terobosan. Kalau pemerintah daerah bisa mempengaruhi negara dalam menyediakan cadangan makanan, apalagi dalam bentuk randang. “Bahkan presiden dan menteri kalau mau ikut kurban randang di Payakumbuh, kita siap mengeksekusinya,” kata Erwin Yunaz. (dho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SOLUSI BELAJAR ONLINE DIMASA PANDEMI NDC Unand Luncurkan Kampus Nagari

Sen Agu 3 , 2020
PADANG, KP – Pandemi covid-19 membuat semua aktivitas pembelajaran di semua jenjang pendidikan, termasuk perguruan tinggi terpaksa menerapkan sistem online atau dalam jaringan (daring). Beranjak dari hal tersebut, Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas (Unand) yang diketuai Dr. Erigas Ekaputra menginisiasi ‘Kampus Nagari’ sebagai solusi pembelajaran online dimasa pandemi. Erigas […]