19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kodim 0305 Pasaman Bakal Libatkan 180 Personel Amankan Pelaksanaan Pilkada 2020

SIMPANGEMPAT, KP – Guna menjaga kondusifitas keamanan serta antisipasi menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Komando Distrik Militer (Kodim) 0305 Pasaman menggelar apel kesiapan pasukan pengamanan Pilkada serentak 2020 di halaman kantor bupati Pasaman Barat (Pasbar), Senin (31/8).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz dan juga diikuti Bupati Pasbar Yulianto, Forkopimda, Anggota Polri, KPU dan Bawaslu serta instansi terkait lainnya.

Menurut Letkol Inf Ahmad Aziz, apel tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pengamanan pelaksaan Pilkada 2020. Ia menyebutkan, terdapat 150 personel dan 30 kekuatan personel tambahan yang akan dilibatkan dalam pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang. “150 personel akan kita libatkan dalam pelaksanaan  Pilkada, dan kita juga mendapatkan kekuatan 30 personel lagi dari komando atas yang nantinya akan menjadi organik yang akan mengabdikan diri dengan baik di Pasbar,” ujar Ahmad Aziz.

Dalam pelaksanaan Pilkada  nanti Ia menegaskan, TNI memastikan serta menjamin netralitas dalam pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Pasaman Barat.

“Keterlibatan TNI dalam pengamanan ini adalah dalam rangka mensukseskan Pilkada 2020. Semoga berjalan dengan aman, tertib dan lancar sehingga didapatkan nantinya pemimpin sesuai pilihan hati nurani rakyat yang akan mengabdi untuk pembangunan di Pasbar. Untuk itu mohon dukungan dari semua pihak agar kami dapat menjalani amanah dengan baik,” ungkapnya.

Kemudian dalam menghadapai Pandemi Covid-19, Letkol Inf Ahmad Aziz mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas agar selalu mempedomani protokol kesehatan dan juga melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti Protokol kesehatan.

“Pada pelaksanaan Pilkada nanti, masyarakat akan banyak terlibat dan terjadi pengumpulan massa. Untuk itu, kepada seluruh personel yang bertugas agar mempedomani dan memberikan imbauan tentang protokol kesehatan kepada masyarakat. Dan juga koordinasikan dengan pihak terkait terutama di TPS-TPS nanti agar protokol kesehatan harus tetap dijalankan,” pungkasnya. (rom)