19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PILKADA BUKITTINGGI Demokrat Dukung Penuh Bakal Paslon Jalur Independen Ramlan-Syahrizal

BUKITTINGGI, KP – Suatu kejutan diberikan Partai Demokrat dalam tahapan kontestasi Pilkada Serentak Bukittinggi tahun 2020. Partai berlambang bintang mercy itu memberikan dukungan penuh kepada bakal pasangan calon dari jalur perseorangan, yakni H. Ramlan Nurmatias – Syahrizal Dt Palang Gagah.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Senin (31/8). Sikap tegas itu disampaikan AHY, didampingi Ketua DPD Demokrat Sumbar H. Mulyadi, Ketua DPC Demokrat Bukittinggi, Rusdy Nurman dan dihadiri langsung bakal calon Walikota H. Ramlan Nurmatias.

Dalam sambutannya, AHY mengaku bahagia bisa menerima kedatangan Ramlan Nurmatias di Jakarta. “Tentu besar harapan kita semua keluarga besar Partai Demokrat untuk bisa mensukseskan dan memenangkan Bapak Ramlan Nurmatias sebagai calon walikota berpasangan dengan Bapak Syahrizal sebagai calon wakil walikota. Beliau berangkat dari jalur independen, tapi Partai Demokrat memberikan dukungan penuh. Sehingga InsyaAllah beliau kembali terpilih menjadi pemimpin untuk masyarakat Kota Bukittinggi,” ungkap AHY.

Lebih lanjut dikatakan putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu, Bukittinggi merupakan kota penuh sejarah. Di mana Bukittinggi barometer di Sumatra Barat. “Mudah-mudahan kepemimpinan dan segala pengalaman Bapak Walikota selama lima tahun terakhir ini, menjadi modal semakin kuat untuk bisa meningkatkan capaian dan prestasi serta bisa terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bukittinggi,” ujar AHY.

Terpisah, Ketua DPC Demokrat Bukittinggi, Rusdy Nurman menyampaikan, Partai Demokrat tentu punya pilihan tersendiri. Dukungan itu merupakan atensi khusus dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum DPP Demokrat AHY, yang tentunya menjadi keputusan bersama dan disukseskan seluruh pengurus serta kader partai Demokrat dari pusat hingga Bukittinggi.

“Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, Partai Demokrat melalui Ketua Umum DPP Demokrat telah menyerahkan langsung surat rekomendasi dukungan Partai Demokrat kepada Bapak Ramlan Nurmatias. Dukungan ini harus disukseskan bersama. Kami Partai Demokrat siap memenangkan pasangan Ramlan Nurmatias dan Syahrizal sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi lima tahun ke depan,” ungkapnya diamini seluruh kader dan juga Anggota DPRD Bukittinggi dari fraksi Demokrat, Alizarman.

Ditegaskannya, pilihan itu menjadi hak politik Partai Demokrat. “Ramlan Nurmatias dan Syahrizal merupakan satu- satunya pasangan independen di Indonesia yang didukung Partai Demokrat. Kami minta semua pihak menghargai keputusan ini karena kami tetap berkomitmen menjalankan prinsip politik yang bersih, santun dan cerdas,” tegasnya di Changkee Cafe, Selasa (1/9).

Sementara Wakil Ketua DPD Demokrat Sumbar, H. Ismet Amzis menyampaikan, hari ini (Senin-red) sudah jelas ke mana arah Partai Demokrat. Demokrat memang jelimet dan sangat hati-hati dalam memberikan dukungan. “Selama ini Demokrat selalu menggunakan survey kredibel untuk membuat suatu keputusan. Karena Demokrat berkomitmen memberikan dukungan untuk menang. Dan untuk Pilkada Bukittinggi 2020, pilihan itu jatuh pada pasangan Ramlan Nurmatias-Syahrizal. Tugas kita kali ini memenangkan pasangan Ramlan Syahrizal untuk menjadi Walikota dan Wakil Walikota lima tahun ke depan,” ungkap Anggota DPRD Provinsi Sumbar itu.

Sedangkan Bakal Calon Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, mengaku bersyukur atas adanya dukungan dari Partai Demokrat untuk maju Pilkada Bukittinggi 2020. “Kami sangat bangga dan senang serta bersyukur atas dukungan ini. Kami ucapkan terima kasih banyak atas dukungan Demokrat. Kami tidak menyangka mendapat dukungan sebesar ini. Dukungan Partai Demokrat ini tentu menjadi sebuah penghargaan besar bagi kami pasangan yang maju dari jalur independen dan memperkuat posisi kami untuk maju pada Pilkada. Kami akan upayakan bersama untuk tidak mengecewakan Partai Demokrat,” ungkap Ramlan Nurmatias.

Selain Demokrat, pasangan Ramlan-Syahrizal juga dikabarkan mendapat dukungan dari Partai Bulan Bintang (PBB). Dikabarkan, SK dukungan itu juga langsung ditandatangani Prof. Yusril Ihza Mahendra selaku ketua Umum DPP PBB. (eds)