19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Satgas Yonif 133/YS Fasilitasi Lomba MTQ di Tapal Batas

KAPAR, KP – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Sektor Timur Yonif 133/YS memasilitasi kegiatan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang digelar di Masjid Jamiul Jihad, Desa Lanjak Deras, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Ciptadalam keterangan tertulisnya dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (31/8) malam.

Dijelaskan Dansatgas, lomba MTQ ini diinisiasi oleh personel Pos Kapar dan Pos Keladan Satgas Yonif 133/YS.

“Lomba MTQ ini sudah berlangsung sejak Sabtu, 29 Agustus kemarin hingga puncaknya pada hari ini (kemarin-red),” jelas Dansatgas.

Perlombaan ini cukup menyedot animo warga masyarakat yang ada di Desa Lanjak Deras, Kecamatan Batang Lupar dan daerah sekitarnya. Setidaknya ini terbukti dari jumlah peserta yang ikut berlomba hingga mencapai 60 orang yang kesemuanya merupakan santri dan santriwati dari TPA Al Kharimah.

Diutarakan Letkol Hendra, lomba MTQ yang digelar ini, selain sebagai wujud toleransi beragama, juga sebagai upaya Satgas Yonif 133/YS membangun kecintaan generasi muda di wilayah perbatasan RI-Malaysia terhadap syiar agama Islam.

“Jadi, selain menjaga wilayah perbatasan, kehadiran Satgas Yonif 133/YS di daerah perbatasan ini juga bukan hanya semata untuk pembangunan fisik, namun ikut pula membangun mental spiritual bidang keagamaan warga masyarakat dan para generasi mudanya,” ungkap Letkol Hendra.

Seperti pelaksanaan lomba MTQ ini, lanjut Hendra, juga menjadi momentum yang sangat baik untuk memperdalam akhlakul karimahserta menjadi media untuk melatih dan mengasah ilmu membaca Alquran maupun lantunan adzan yang pernah didapat, sehingga akhirnya para generasi muda di perbatasan ini akan menjadi manusia yang lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Abituren Akmil 2002 ini pun mengapresiasi terobosan personel Pos Kapar dan Pos Keladan yang menggelar perlombaan. Karena kegiatan ini sangat positif untuk mendukung kejayaan bangsa dan negara di masa depan.

Sementara itu, Danpos Kapar, Sertu Muhammad Putra Faisal menjelaskan, lomba MTQ ini juga digelar dalam memeringati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1442 Hijriah.

“Lomba ini juga sebagai ungkapan terima kasih dan rasa syukur menjelang purna tugas sebagai Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, disamping tentunya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para generasi muda yang ada di wilayah perbatasan ini,” urai Sertu MP Faisal.

Adapun kategori yang diperlombakan dalam MTQ ini, antara lain tartil quran, salat jenazah, baca iqro, doa-doa, serta ajang kreasi busana muslim/muslimah.

Hadir dalam kegiatan puncak Lomba MTQ di tapal batas TA 2020 ini, di antaranya Danramil 1206-03, Mayor Inf Siswadi, sejumlah personel Satgas Yonif 133/YS. Yakni Praka Fatullah, Praka Aprijal, Pratu Andika Tri Putra dan Prada Muhammad Rifki, serta Ketua TPA Al Kharimah, Jumyadi.

Di tempat terpisah, Pembina TPA Al Kharimah, Ibu Ani turut menyampaikan rasa bangga, syukur dan ucapan terima kasihnya kepada Satgas Yonif 133/YS dari Pos Kapar dan Pos Keladan.

“Acara lomba MTQ yang digelar Om Libas, sangat berarti bagi santri dan santriwati kami. Karena, melalui lomba ini mereka akan lebih memahami ilmu tajwidyang diajarkan selama ini. Oleh sebab itu, prestasi ini perlu kita pertahankan dan dikembangkan sehingga terwujudnya budaya cinta Alquran pada generasi muda bangsa kita, khusunya yang ada di wilayah perbatasan RI-Malaysia ini,” pungkasnya. (pen)