18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

SELAMA LEARN FROM HOME Wawako Reinier Galakkan Peserta Didik Agar Budayakan Membaca

SOLOK, KP – Selama Learn From Home atau belajar di rumah, Wakil Walikota Solok Reinier meminta kepada orang tua dan guru untuk menggalakkan peserta didik agar membudayakan membaca. Hal tersebut supaya tetap dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia dan menambah wawasan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

“Meskipun dalam suasana pandemi, kita harus tetap tabah dan bagi generasi muda kita, tetap harus mengejar ilmu sebanyak mungkin. Pandemi bukan berarti berhenti belajar. Membaca apa saja, ilmu pengetahuan apa saja, yang penting ada dan jelas sumber ilmunya, bermanfaat bagi manusia,” kata Reinier.

Reinier mengatakan, sebagai wujud dalam menambah wawasan, pelajar perlu dan penting untuk terbiasa membaca buku. Sehingga para pelajar di Kota Solok memiliki daya saing. Tentu dengan bimbingan orang tua di rumah serta pedoman dan panduan dari guru, para pelajar dapat memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku setiap saat.

“Pengawasan orang tua dan guru sangat penting agar para pelajar mendapatkan ilmu yang berguna baginya. Bacalah buku dan ilmu-ilmu baru dalam sehari minimal 15-25 menit, lebih banyak semakin baik. Dengan demikian kita harapkan pelajar memiliki kemampuan dan pola pikir yang lebih baik dan bermanfaat,” kata Reinier.

Lanjutnya, jika para pelajar dekat dengan buku, menimba ilmu di mana ada kesempatan, buku harus dipegang. Budaya seperti itu harus didisiplinkan, baik ketika waktu senggang dengan membaca, melakukan kajian, analisa, menyelesaikan persoalan yang dijumpai. Diiringi dengan konsultasi bersama guru dan pengawasan orang tua. “Kita ingin generasi muda dapat mengarahkan ide dan kreatifitas, meraih prestasi dan menjadi masyarakat terdidik ke depannya. Itu semua dimulai dari kemauan membaca yang dibudayakan setiap hari,” pungkasnya. (van)