20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Besok, KPU Bukittinggi Buka Pendaftaran Paslon Kepala Daerah

BUKITTINGGI, KP – Jumat besok (4/9), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi membuka secara resmi pendaftaran pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi untuk Pilkada tahun 2020 di kantor KPU Bukittinggi.

Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura kepada KORAN PADANG menyebutkan, sesuai tahapan Pilkada serentak tahun 2020, untuk pendaftaran bakal pasangan Kepala Daerah atau Walikota dan Wakil Walikota untuk Bukittinggi ke Kantor KPU dimulai Jumat (4/9) besok hingga Minggu (6/9) pada jam kerja. Kecuali pada Minggu (6/9), KPU akan menerima pendaftaran sampai pukul 00.00 wib.

Dikatakannya, karena tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi dalam masa Pandemi Covid-19. “Maka untuk pendaftarannya disesuaikan dengan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 atau berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor.394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/ VIII/2020 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran Penelitian dan perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan serta Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota,” ujar Heldo Aura.

Sementara itu Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Bukittinggi, Yasrul menambahkan, KPU Bukittinggi membuka pendaftaran selama 3 hari sesuai tahapan Pilkada, mulai Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9). “Sedangkan pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi yang telah mengkonfirmasikan kehadirannya ke KPU Bukittinggi untuk mendaftar hanya tiga pasang bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi,” ujar Yasrul.

Di mana untuk hari pertama pendaftaran pada Jumat (4/9) jelasnya, diperkirakan tidak ada yang mendaftar karena tidak ada yang mengkonfirmasikan kedatangannya ke KPU. Sedangkan untuk Sabtu (5/9) telah mengkonfirmasikan tim pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota H. Irwandi – David Chalik yang akan mendaftar. “Kemudian untuk hari terakhir pendaftaran pada Minggu (6/9), akan mendaftar bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota H. Erman Safar-  H.Marfendi pada pukul 10.00 wib. Sorenya sekitar pukul 16.00 Wib akan mendaftar bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota dari jalur Perseorangan, H. Ramlan Nurmatias – H. Syahrizal Dt Palang Gagah,” ungkap Yasrul.

Dikatakan Yasrul, dalam pelaksanaannya, pendaftaran bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota di masa Pandemi Covid-19 itu dilakukan secara Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Di mana dari hasil rapat KPU Bukittinggi bersama pihak terkait, KPU membatasi rombongan pasangan calon yang masuk ke dalam ruangan penerimaan pendaftaran.

“Yang diperbolehkan masuk hanya pasangan calon, 2 orang LO (Petugas Penghubung), 2 orang Ketua dan Sekretaris Partai Politik, 2 orang dari Bawaslu dan 10 orang petugas KPU. Dibatasinya jumlah yang masuk karena kapasitas ruangan pendaftaran sangat terbatas,” kata Yasrul.

Dan jika Ketua dan Sekretaris Partai Politik pengusung melebihi kapasitas ruangan lanjutnya, maka yang masuk diminta secara bergiliran. Sedangkan untuk rombongan pengantar berada di luar ruangan dan disediakan kursi secukupnya. “Sementara untuk pengaturan di sekitar kantor KPU diserahkan kepada aparat Polres Bukittinggi. Dan diminta kepada semua pengantar atau rombongan pasangan calon untuk selalu menjaga jarak dan memakai masker,” tambahnya. (eds)