27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pemkab Tanahdatar Sampaikan Progres SAKIP ke Tim Kemenpan RB

BATUSANGKAR, KP – Pemerintah Kabupaten Tanahdatar menyampaikan progres penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada tim evaluasi dari Kemenpan RB melalui aplikasi Zoom Meeting, Selasa (1/9/) lalu, di aula eksekutif kantor bupati di Pagaruyung.

Penyampaian tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Irwandi didampingi Asisten Administrasi Umum, Helfy Rahmy Harun, Kepala Baperlitang Alfian Jamrah, Sekretaris Inspektorat Desi Rima dan Kepala Bagian Organisasi Adriyanti Rustam serta dihadiri Kepala Perangkat Daerah.

Sekda Irwandi menyampaikan capaian SAKIP, rekomendasi dan tindak lanjut hasil evaluasi Laporan Kinerja Instansi Pemerintah(LAKIP), rekomendasi dan tindaklanjut hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB).

“Perkembangan nilai SAKIP di Tanahdatar dari tahun 2016 lalu cenderung meningkat, diawali predikat CC dengan nilai 55,23, meningkat menjadipredikat B pada tahun 2017, sampai 2019 masih dengan prediket B dengan ada peningkatan nilai tahunnya, di mana tahun 2019 dengan nilai 64,26 dan tentunya tahun ini kalau tidak meningkat diharapkan mampu bertahan,” ujar sekda.

Dari hasil evaluasi di tahun 2019, tambah Sekda Irwandi, pemerintah daerah telah menyimpulkan 6 poin penting.

“Pemda Tanahdatar telah berupaya menindaklanjuti sebagian rekomendasi evaluasi tahun 2018 dengan melakukan perubahan terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) ataupun dokumen perencanaan lainnya, melakukan penjenjangan (cascading) kinerja, pembangunan sistem informasi manajemen kinerja perangkat daerah. Program prioritas yang telah disusun ke depan perlu didukung dengan proses bisnis, program dilakukan baru sebatas pelaksanaan program dan penyerapan anggaran dan terakhir evaluasi akuntabilitas kinerja yang dilakukan belum sepenuhnya menggambarkan kondisi penerapan SAKIP di OPD,” ungkap sekda.

Selepas sekda memaparkan presentasi, kegiatan dilanjutkan sesi diskusi sekaligus evaluasi bersama tim evaluasi Kemenpan RB RI yakni Puti Rahmawati dan Nabila Haedara secara virtual/daring.

“Tidak seperti tahun sebelumnya yang melakukan kunjungan penilaian langsung, tahun ini kita melakukan secara virtual, namun kami dari tim Kemenpan RB RI menilai SAKIP dan RB Tanahdatar bukan 3 Jam (hari ini-red) saja, tapi sudah dilakukan jauh hari, setidaknya dari Maret lalu sudah kita lakukan evaluasi dan penilaian,” ujar Puti.

Puti juga berpesan Pemerintah Kabupaten Tanahdatar terus melakukan berbagai upaya peningkatan dan pelaksanaan SAKIP juga diimplementasikan. “Kita berharap ke depan SAKIP ini benar-benar dilaksanakan atau diimplementasikan dengan sebenarnya, sehingga capaian program dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tukasnya.

Sementara itu Sekda Irwandi selepas sesi evaluasi menyampaikan, harapannya kepada seluruh OPD untuk bekerja sama dan bekerja keras mempersiapkan SAKIP dan RB Tanahdatar sesuai arahan dan hasil evaluasi tim Kemenpan RB.

“Kita imbau seluruh OPD bersama kita wujudkan berbagai arahan dan masukan yang sudah sama-sama kita dengar, sehingga SAKIB dan RB kita semakin baik kedepan,” pungkasnya. (nas)