21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Masyarakat Kota Solok Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

SOLOK, KP – Plt Kepala Dinas Kesehatan selaku Kepala Bidang Pengendalian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota SolokDessy Syafril bersama Sekda SYaiful selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kembali mengingatkan masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

“Selalu pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang ke rumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi. Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara di depan makanan, walaupun pakai masker,” ujarnya, kemarin.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh melalui penerapan pola hidup sehat dan perilaku hidup bersihserta konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Mari kita semua dapat menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19 dengan saling mengingatkan. Lindungi diri kita, karena dengan melindungi diri, kita dengan sendirinya telah melindungi orang lain,” kata Syaiful.

Sedangkan kepada masyarakat yang baru kembali melakukan perjalanan luar daerah terutama dari daerah yang ada kasus terkonfirmasi positif covid-19, diharapkan segera melakukan tes swab, baik itu yang telah disediakan secara gratis oleh Pemprov Sumbar di Bandara atau langsung di Posko Covid-19 Banda Panduang Kota Solok. Hal itu guna dapat mendeteksi lebih dini kondisi.

Ia juga mengajak masyarakat untuk bersama ikut mendoakan agar semua pasien terkonfirmasi segera diberikan kesembuhan. Tentunya hal itu tidak terlepas dari keikutsertaan memberikan dukungan dan motivasi kepada mereka terutama keluarga, kerabat dan lingkungan sekitar.

“Bagaimanapun juga terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah sebuah aib, sehingga harus dimusuhi apalagi dikucilkan. Akan tetapi sebaliknya, dukungan dan peran serta kita ikut membantu percepatan pemulihan kondisi setiap pasien terkonfirmasi. Terutama yang menjalani isolasi mandiri,” kata Syaiful.

Lebih lanjut dia menjelaskanproses pemulihan akan semakin cepat jika psikologis pasien baik, sehingga membantu meningkatkan daya imunitasnya yang sangat diperlukan dalam melawan virus. “Untuk itu mari beri dukungan, baik langsung maupun tidak langsung. Semoga makin hari makin bertambah tingkat kesembuhan saudara-saudara kita yang terkonfirmasi positif tersebut,” katanya.

Kepada pasien terkonfirmasi positif yang telah sembuh, dia mengingatkan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena tidaklah menutup kemungkinan untuk dapat terpapar Covid-19 kembali. (van)