18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pengamat: Tanahdatar Butuh Pemimpin yang Paham Permasalahan Daerah

BATUSANGKAR, KP – Menjelang Pilkada 2020, Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand) Padang, Najmuddin M Rasulmengatakan, Kabupaten Tanahdatar membutuhkan pemimpin yang memahami persoalan dan memiliki data pendukung akurat tentang daerah secara utuh.

“Semua bapaslon berpeluang. Namun sejauhmana mereka memahami permasalahan Tanahdatar. Mereka mesti punya data pendukung yang akurat tentang Tanahdatar secara utuh,” ujarnya kepada KORAN PADANG, via telpon selulernya Kamis (4/9).

Menurut pandangan Najmuddin M Rasul, Tanahdatar saat ini memiliki persoalan kemiskinan finansial dan iman, pendidikan, serta potensi wisata yang terabaikan.

“Diperlukan road map politik, dan visi dan misi yang terukur. Sebab, warga Tanahdatar cenderung memilih pemimpin yang berkualitas, beriman dan memilikim track record yang jelas,” tuturnya.

Disamping itu kata Najmuddin Rasul, Tanahdatar juga memerlukan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan komunikasi dengan warga.

“Bapaslon mesti memiliki kemampuan pengetahuan dalam bidang politik, birokrasi, komunikasi, serta memiliki networking,” terangnya.

Lebih lanjut diamenambahkan, secara administratif belum ada Calon Bupati (Cabup). Karena belum mendaftar dan ditetapkan KPU.

“Saya berharap kepada para balon bupati agar mampu menjalin komunikasi politik dengan masyarakat dengan pesan-pesan yang sifatnya edukatif, serta membuat road map/peta politik mereka,” pungkasnya. (nas)