18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ratusan ASN dan Non ASN Pemko Bukittinggi Lakukan Tes Swab

BUKITTINGGI, KP – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Pemko Bukittinggi melakukan tes swab. Tes yang juga diikuti para Pejabat Pemko Bukittinggi itu dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi di Halaman Samping Balaikota Bukittinggi, Kamis (3/9).

Tes swab tersebut dilakukan terkait adanya satu orang ASN yang bekerja di lingkungan Balaikota dinyatakan Positif Covid-19, Selasa sore (1/9). Mendapat informasi itu, tim gugus tugas langsung melakukan tracking dan penyemprotan disinfektan ke setiap ruangan kantor Balaikota. 

Walikota Bukittinggi, H. Ramlan Nurmatias menjelaskan, langkah antisipasi tentu harus dilakukan. Sehingga bagaimana hasilnya nanti, tentu juga akan disikapi. Selain ASN dan non ASN, test swab juga dilakukan pada masyarakat umum hasil tracking dan pernah kontak dengan pasien Positif Covid-19 sebelumnya.

“Jika ada yang sakit kita obati. Bagi yang positif Covid-19, kita minta untuk isolasi dulu sementara. Bagi yang tidak atau negatif Covid-19, kita tetap imbau agar terus waspada, jalankan protokol Covid-19, pakai masker, rajin cuci tangan, terapkan pola bersih hidup dan sehat,” ujar Wako Ramlan didampingi Kadis Kesehatan, drg. Yandra Fery.

Selain itu ratusan ASN dan Non ASN yang ikut tes swab terdiri dari pegawai di sekretariat daerah kota, pegawai dari BKPSDM dan pegawai dari Diskominfo Bukittinggi. Sementara untuk masyarakat umum merupakan hasil tracking dari beberapa kluster, seperti Kampuang Cino, RS Yarsi dan BPS Bunda. Setelah dilakukan swab seluruhnya, sampel akan dikirimkan ke Laboratorium Unand. Hasilnya akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan, khususnya bagi mereka nanti yang dinyatakan positif Covid-19. (eds)