24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Rejang Lebong Terima DAK Pendidikan Rp7,7 miliar

REJANG LEBONG, KP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan mencapai Rp7,7 miliar.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Rejang Lebong, Redho Yusawi di Rejang Lebong, Kamis mengatakan DAK bidang pendidikan tersebut dialokasikan untuk kegiatan rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas belajar (RKB), pembuatan sanitasi dan alat kesenian daerah.

“Sekolah yang menerima DAK pendidikan ini mulai dari PAUD, SD hingga SMP dengan jenis kegiatan fisik sebanyak 30 sekolah, dan 11 sekolah lainnya untuk kegiatan non fisik, total anggarannya mencapai Rp7,7 miliar,” kata dia, Kamis (3/9).

Sekolah-sekolah yang menerima DAK pendidikan tersebut kondisinya sudah mengalami kerusakan dan telah diusulkan pada tahun sebelumnya guna dilakukan perbaikan, maupun penambahan sarana pendukung lainnya.

Sementara itu untuk proses transfer anggaran DAK bidang pendidikan yang diterima Kabupaten Rejang Lebong saat ini kata dia, baru berkisar 25 persen.

Jumlah tersebut masih cukup kecil kendati anggarannya tidak direfocusing oleh pemerintah pusat.

“Baru ditransfer 25 persen, mungkin kendalanya karena adanya penyebaran COVID-19 sehingga proses transfernya dari seluruh paket berjalan lambat,” ujar dia.

Adanya keterlambatan penyaluran DAK dari pusat itu menyebakan kegiatan rehabilitasi maupun pembangunan ruang kelas belajar (RKB) yang pengerjaannya dilaksanakan secara swakelola oleh pihak sekolah berjalan lambat bahkan mereka harus mengutang material bangunan terlebih dahulu.

Dia berharap, proses transfer anggaran DAK bidang pendidikan yang diterima daerah itu bisa berjalan lancar sehingga nantinya tidak menghambat program rehabilitasi maupun pembangunan RKB serta pengadaan sarana pendukung sekolah lainnya.(Ant)