7.610 UMKM Diusulkan Menerima BLT dari Pemerintah Pusat

LUBUKBASUNG, KP – Sebanyak 7.610 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Agam diusulkan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), ke pemerintah pusat. Bantuan tersebut akan disalurkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM senilai Rp2,4 juta/bulan.

Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Agam, Aguska Dwifajradi Lubukbasung, kemarin mengatakan ada sebanyak 7.610 pelaku UMKM yang telah diusulkan Pemkab Agam untuk mendapatkan stimulus bantuan dampak Covid-19.“Kita sudah mengusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM pada Agustus kemarin,” ujarnya.

Dijelaskan Agus, bantuan tunai merupakan salah satu langkah program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diambil pemerintah untuk membantu pelaku UMKM dalam menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

UMKM yang diusulkan itu bergerak di berbagai bidang usaha. Seperti, industri kerajinan, kuliner, pedagang, dan jenis usaha lainnya yang terdampak pandemi.

Sebanyak 7.610 UMKM yang diusulkan tersebut, jelas Agus, berdasarkan data UMKM yang ada pada dinas hasil pendataan tahun 2017, dan sudah dilakukan verifikasi melalui pihak kecamatan.

Terkait jumlah yang akan diterima oleh pemerintah pusat nanti, ia menyebutkan tidak mengetahui pasti jumlahnya, karena, pihaknya hanya berwenang untuk memberikan data calon penerima bantuan.

”Jadwal pencairan bantuan, kita belum bisa memastikan. Karena, nantinya dana tersebut juga akan langsung masuk ke rekening UMKM,” tambahnya. (amc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BKSDA Terima Pendaftaran 60 Burung Dilindungi

Jum Sep 4 , 2020
LUBUKBASUNG, KP – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agamtelah menerima pendaftaran sekitar 60 ekor burung dilindungi milik warga setempat selama Januari hingga 4 September 2020. “Burung itu jenis cica daun, tiong emas dan lainnya. Satu warga rata-rata memiliki dua ekor burung,” kata Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra […]