21 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Edukasi Pemilih, KPU Sosialisasikan Pemilu ke Daerah Terpencil di Pasaman

LUBUKSIKAPING, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sosialisasi Pemilu guna mengedukasi pemilih menjelang Pilkada serentak mendatang ke daerah terpencil Kabupaten Pasaman.

Komisioner KPU Sumbar, Gebril Daulay mengatakan, sosialisasi tahapan Pilkada itu dilaksanakan guna memastikan masyarakat dapat memberikan hak pilihnya. Yakni pada Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman pada 9 Desember 2020 mendatang di Jorong V Partamuan, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman.

“Jorong V Partemuan merupakan salah satu jorong yang berada di posisi paling jauh di Pasaman dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Limapuluh Kota dan Provinsi Riau. Letak wilayah yang cukup jauh dari pusat pemerintahan relatif memberikan akses informasi yang agak susah khususnya mengenai informasi pelaksanaan Pilkada 2020 nantinya. Makanya kami lakukan sosialisasi selama dua hari Selasa-Rabu (2-3/8) agar mereka bisa memberikan hak pilihnya nanti,” terang Gebril Daulay, Kamis (3/9).

Gebril Daulay menyampaikan, KPU sebagai penyelenggara Pilkada berkewajiban mensosialisasikan tahapan Pilkada karena masih banyak masyarakat yang belum tahu. Salah satunya penyebab ketidaktahuan masyarakat pemilih karena keterbatasan akses informasi dan daerah yang sulit dijangkau. “KPU dalam setiap sosialisasinya selalu menegaskan, jangan pernah kita teriming-imingi oleh sejumlah uang yang ditukar dengan hak pilih kita. Hak yang kita miliki sejak kita lahir, hak kemerdekaan untuk memilih dan menentukan pilihan,” kata Gebril.

Sementara Koordinator Divisi Program Data Nova Indra, menyampaikan apresiasi tinggi kepada petugas PPDP yang telah melakukan tugas dengan baik dan sungguh-sungguh. “Terima kasih dan apresiasi tinggi kepada petugas PPDP di Jorong Pertemuan ini, saya melihat setiap rumah di sini terdapat stiker pencoklitan. Hal ini sangat bagus, kita juga mengingatkan bahwa senantiasa menjaga kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, mari kita riang gembira mendatangi TPS pada 9 Desember mendatang untuk memilih pemimpin daerah kita,” ujarnya.

Sedangkan Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi melalui Koordinator Divisi SDM Parmas dan Pendidikan Pemilih, Eria Candra menyampaikan, pelaksanaan Pilkada 2020 nantinya merupakan pemilihan tersulit dalam pelaksanaannya.  Karena dalam sejarah pemilu di Indonesia, pemilihan kali ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19, namun hal itu bukan menjadi kendala bagi kita sebagai warga negara untuk ikut memberikan hak pilih pada Pilkada nantinya. “Bagi warga Jorong Partamuan yang telah mempunyai hak pilih dan terdaftar di DPT, marilah kita datangi TPS pada 9 Desember 2020 mendatang dari pukul 7 hingga pukul 13.00 WIB,” tukasnya. (nst)