20 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

KPU Libatkan Puluhan Petugas Amankan Pendaftaran Paslon Pilkada

LUBUK BASUNG, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agammelibatkan puluhan petugas gabungan untuk mengamankan proses pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati, yang dilaksanakan 4-6 September 2020.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni memaparkan, petugas pengamanan berasal dari unsur kepolisian 14 personel, SatpolPP 6 personel, Dinas Perhubungan 18 personel dan Dinas Kesehatan 4 orang.“Pembagian tugasnya sudah jelas, termasuk dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskannya, polisi nanti akan mengamankan gerbang masuk KPU dan pintu ruangan pendaftaran serta lalulintas depan kantor KPU, sedangkan SatpolPP melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan.

Sementara itu, Dinas Perhubungan akan mengamankan lalulintas depan kantor KPU, serta Dinas Kesehatan melakukan pengecekan suhu dan menskrining riwayat perjalanan bapaslon.

Untuk persiapan pelaksanaan penerimaan pendaftaran, katanya, berbagai upaya sudah disiapkan baik sarana prasarana pendukung maupun simulasi pendaftaran.

“Kita mendukung program nasional dalam penanggulangan Covid-19, baik petugas maupun rombongan bapaslon harus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ulasnya.

Sementara itu, hari ini (kemarin-red), Jumat (4/9) KPU Kabupaten Agam mulai membuka penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati.Jadwal pendaftaran pemilihan kepala daerah Kabupaten Agam ini, mulai 4 sampai 6 September 2020.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni mengatakan, hingga malam tadi (malam kemarin-red)  pihaknya belum ada menerima informasi dari partai yang akan mendaftarkan bapaslon hari pertama tersebut.

“Sesuai ketentuannya, sehari sebelum jadwal pendaftaran partai sudah mengabarkan jam kedatangannya ke KPU,” ujarnya.

Namun, katanya, informasi sementara yang sudah diterima dari partai untuk mendaftar hari kedua sebanyak 3 paslon dan hari ketiga 1 paslon, tapi ia tidak menyebutkan secara rinci siapa saja paslon yang akan mendaftar itu.“Siapa saja paslonnya, tunggu besok saja ya, pas lagi mendaftar,” imbuhnya.

Hingga kini, segala persiapan sarana pendukung sudah disiapkan oleh pihak KPU, dimana pelaksanaan penerimaan pendaftaran bupati dan wakil bupati kali ini harus disiplin protokol kesehatan mengingat masih pandemi Covid-19. (amc)