19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Unand–Ombudsman Jalin Kerjasama

PADANG, KP – Universitas Andalas (Unand) menjalin kerjasama dengan Ombudsman RI dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap pelayanan publik yang berkualitas.Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) berlangsung secara virtual Kamis lalu (3/9) oleh Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandridan Ketua Ombudsman RI Prof. Amzulian Rifai.

Amzulian mengatakan bagi Ombudsman penandatanganan nota kesepahaman menjadi suatu hal yang penting dan strategis.”Paling tidak menyangkut dalam pendidikan dan pelatihan karena banyak mahasiswa yang magang di ombudsman, diantaranya berasal dari Unand,” ujarnya.

Melalui MoU itu ia berharap pengetahuan dan kepedulian terhadap pelayanan publik semakin meningkat.

Sementara, Rektor Unand Yuliandi mengatakan penandatanganan MoU itu merupakan upaya bersama untuk memperkuat sinergi program kerja antar institusi dalam rangka mendorong perwujudan pelayanan publik yang lebih baik lagi. Ia menjelaskan Nota Kesepahaman antara Unand dengan Ombudsman mencakup pencegahan maladministrasi, penyelesaian laporan masyarakat, dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Nota kesepahaman itu akan ditindaklanjuti dengan program-program dan kegiatan nyata terkait dengan bidang-bidang dalam ruang lingkup yang dikerjasamakan,” ujarnya.

Penandatanganan Mou itu dilanjutkan dengan Kuliah Umum oleh Ketua Ombudsman RI Prof Amzulian Rifai dengan tema ‘Refleksi Pelayanan Publik di Indonesia’.Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor IV Unand Hefrizal Handra, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Yefri Heriani, dan Kepala Biro Hukum, Kerjasama, dan Organisasi Unand Dwi Ciptaningsih, serta Kepala Biro Humas dan IT Ombudsman RI Wanton Sidauruk.(mas)