18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Wagub Nasrul Abit Buka Pelatihan Tagana Bidang Linjamsos

PADANG, KP – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit membuka kegiatan pelatihan tagana dan penguatan informasi penanggulangan bencana bidang perlindungan dan jaminan sosial yang dilaksanakan Dinas Sosial Provinsi Sumbar di Kawana Hotel, Kamis (3/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Sosial Sumbar Jumaidi, Kabid Perlindungan Jaminan SosialIrwan Basir, para kasi, dan para peserta yang terdiri dari 65 kasi/petugas dinsos kabupaten/kota se-Sumbar.

“Dalam kegiatan ini akan diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar bagi petugasdalam menghadapi bencana, mulai dari operasi tanggap darurat bencana hingga layanan dukungan psikososial dan manajemen logistik,” kata Wagub Nasrul Abit.

Ia berharap kegiatan itu membawa hasil yang diharapkan dalam upaya percepatan penanggulangan bencana, terutama di masa pandemi covid-19 saat ini.

Sementara Kabid Linjamsos Dinsos Sumbar Irwan Basirmengatakan saat ini sedang terjadi bencana non-alam covid-19 yang turut berdampak pada timbulnya masalahy-masalah sosial. Untuk itu, ia menyerukan bahwa masalah kebencanaan harus dihadapi secara bersama-sama.

“Tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga para angku, pemangku adat, dan ninik mamak yang ada di masing-masing kabupaten/kota di Sumbar,” ulasnya.

Pada kesempatan itu, Irwan Basir turut memberikan apresiasi kepada Wagub Nasrul Abit yang dinilainya sangat peduli dengan problema kebencanaan dan permasalahan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Salah satu yang masih kita ingat sampai sekarang adalah peristiwa kerusuhan Wamena di mana masyarakat Sumbar ikut jadi korban. Saat itu, Beliau (Nasrul Abit – red) yang langsung turun ke lokasi konflik, menemui saudara-saudara kita di sana, sekaligus menyerahkan bantuan,” kata Irwan Basir. (mas)