18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bupati Sutan Riska Kunjungi Korban Kebakaran Mbah Diyem

PULAUPUNJUNG, KP – Tiada kenal hari libur bagi Bupati muda Kabupaten Dharmasraya, yakni Sutan Riska Tuanku Kerajaan, untuk menjalin tali asih kepada warganya. Walau pada Minggu (6/9) siang almanak merah, usai menjalankan satu agenda di Bukit mindawa, Sutan Riska bertolak ke Nagari Gunung Medan, tepatnya di Jorong Lubuk Aur untuk menemui Mbah Diyem, warga lansia berumur 80 tahun yang rumahnya terbakar, Sabtu (5/9). 

Tiba di halaman rumah Mbah Diyem, Bupati Sutan Riska sudah ditunggu Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto. Kemudian Perangkat Nagari Gunung Medan serta Dinas Terkait juga sudah dahulu menemui si mbah dengan membawa bantuan yang dibutuhkan si Mbah seperti bahan makanan pokok, selimut dan lainnya. 

Tangis Mbah Diyem pecah saat Bupati Sutan Riska mengucapkan salam. Pada kesempatan itu Mbah Diyem menceritakan kondisi yang sedang ia alami dan Bupati tampak merangkul tangan serta bahunya sambil berkata “ini musibah kita bersama mbah, yang tabah ya mbah, sabar”. Usapan tangan ke wajah oleh si mbah membuat Sutan Riska terenyuh, beliau bersama lalu berjalan ke arah bangunan semi permanen yang sudah rata dengan tanah. 

Di samping itu Sutan Riska juga memberikan bantuan yang telah disiapkan pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Dharmasraya, mulai dari peralatan, bahan pangan serta uang tunai. Hal itu menandakan keseriusan pemerintah dalam tanggap cepat atas musibah yang dialami warga.  

Sementara Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto dalam hal ini sebagai wakil rakyat juga mencoba menghapus pilu warganya itu. Ia mengajak warga setempat, perangkat jorong, hingga nagari mulai hari ini untuk membantu Mbah Diyem. Salah satunya dengan bergotong royong membersihkan puing-puing kebakaran serta rencana juga akan membangunkan kembali rumah yang layak untuk Mbah Diyem bersama anaknya untuk bertempat tinggal. (jup)