19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

LONGSOR DI KAMPUANG DAGANG Masyarakat Terkendala Bawa Keluar Hasil Perkebunan

LUBUK BASUNG, KP – BPBD Agam meninjau ruas jalan Padang Macang- Lolo Kampuang Dagang Nagari Persiapan Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung yang dikabarkan tertimbun material longsor, Minggu (6/9).

Berdasarkan informasi warga setempat yang dilaporkan Pusdal Ops BPBD Agam, bahwa longsor terjadi, Jumat (4/9) sore akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu, namun kejadian baru dilaporkan hari ini kepada BPBD Agam sekitar pukul 10.45 WIB.

“Kita sudah melakukan peninjauan lapangan terkait laporan ini,” kata Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal, kemarin.

Menurutnya, jalan yang tertimbun longsor ini adalah jalan menuju perkebunan masyarakat, yang tertimbun sepanjang 6 meter dengan ketinggian material sekitar 0,5 hingga 1,5 meter.

“Saat ini jalan tertutup meterial dan akses masyarakat untuk membawa hasil perkebunan jadi terganggu,” sebutnya.

Dikatakannya, setelah berkoordinasi dengan nagari dan peninjauan lapangan, pembersihan direncanakan akan dilaksanakan secara bergotong royong bersama pemerintah nagari dan masyarakat, mengingat pada sisi kiri kanan jalan terdapat tebing yang berpotensi terjadi runtuhan tanah susulan.

Saat ini pihaknya masih menunggu jadwal dari wali nagari kapan pembersihan mulai dilaksanakan.“Jika wali nagari sudah menjadwalkannya, kita siap membantu dan turun langsung ke lapangan,” pungkasnya. (amc)