28 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PILKADA TANAHDATAR 2020 KPU: Tiga Berkas Pasangan Calon Dinyatakan Lengkap

BATUSANGKAR, KP – Tahapan pendaftaraan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanahdatar 2020 yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempatditutup, Minggu malam (6/9).

Hingga berita ini dikirim ke redaksi sekitar Pukul 17.00 Wib, baru tiga pasangan calon yang menyerahkan berkas pencalonan ke KPUD maju melalui jalur partai.

Ketiga paslon tersebut, yakni paslon Eka Putra- Richi Aprian diusung Partai Gerindra yang memiliki 6 kursi berkoalisi dengan Partai Demokrat peraih 4 kursi, paslon Betty Shadiq Pasadigoe – Edityawarman diusung koalisi PPP (4 kursi) bersama PAN (4 kursi), dan Paslon Zuldafri Darma- Sultani diusung koalisi PKS (5 kursi) bersama Golkar (4 kursi).

Ketua KPUD Tanah DatadFahrul Rozi mengatakan, ketiga berkas paslon tersebut telah lengkap. “Berkas peryaratan pencalonan harus lengkap,” ujarnya.

Jika berkas syarat pencalonan lengkap, selanjutnya para bakal calon akan diberikan surat pengantar menjalani pemeriksaan tes kesehatan sebagai salahsatu syarat wajib yang juga harus dipenuhi.”Sesuai tahapan, hasil pemeriksaan tes kesehatan akan disampaikan pada 12 September mendatang,” terangnya.

Selanjutnya kata Fahrul Rozi, tahapan dilanjutkan dengan verifikasi syarat calon yang diserahkan ke KPUD.”Hasil verifikasi syarat calon ini akan disampaikan pada 14 September kepada tim penghubung masing- masing paslon,” jelasnya.

Ditambahkan Fahrul Rozi, setelah hasil verifikasi diberitahukan kepada masing – masing paslon melalui penghubung, jika ada kekurangan diberikan tenggang waktu untuk melakukan perbaikan syarat.”Penyerahan dokumen perbaikan syarat calon, diterima dari tanggal 14 September sampai 16 September,” sampainya.

Berkas dokumen perbaikan yang diserahkan tersebut,katanya akan diverifikasi dari tanggal 16 September sampai 22 September,” tuturnya.

Setelah dinyatakan berkas syarat sebagai bakal calon lengkap, baru ditetapkan sebagai pasangan calon pada tanggal 23 September, tambahnya.

“Besoknya, Kamis (24/9) dilanjutkan dengan pengundian dan pengumuman nomor urut,” pungkasnya.

Sementara itu, dikabarkan pasangan H. Jon Enardi- Syafruddin, yang diusung koalisi Partai Hanura, Nasdem, dan PDIP, mendaftar ke KPUD sekira pukul 20.00 Wib.

“Pasangan Jon Enardi- Syafruddin akan mendaftar ke KPUD pukul 20.00 Wib malam ini,” ungkap Ketua Fraksi Hanura DPRD Tanahdatar Haekal via telpon selulernya, Minggu sore (6/9). Jika pasangan ini mendaftar dan dinyatakan berkasnya lengkap, maka Pilkada Tanahdatar akan diikuti oleh empat pasangan calon. (nas)