19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

RSUD Padangpariaman Bukan Rumah Sakit Khusus Covid-19

PARITMALINTANG, KP – Direktur RSUD Padangpariaman, Lismawati didampingi Kasi pelayanan Edralina mengatakan, RSUD yang ia pimpin bukanlah rumah sakit khusus Covid-19. Namun dapat melayani pasien yang terindikasi Covid.

“Namun bila dinyatakan positif oleh hasil swab, kita rujuk ke rumah sakit khusus Covid di Pariaman atau Padang. Artinya kita hanya merawat pasien yang memiliki gejala corona atau yang pernah kontak dengan orang yang positif Covid. Dan isolasi mandiri bersifat sementara waktu sembari menunggu hasil swab keluar,” ujar Lismawati.

Lanjutnya, khusus untuk layanan bagi pasien yang menunjukkan gejala Covid-19, RSUD Padangpariaman memiliki 4 kamar rawatan-isolasi mandiri. “Kenapa kita buat ruangan isolasi khusus bagi orang yang terindikasi wabah corona. Karena penyakit ini sangat mudah menularnya,” ujarnya.

Kita khawatir lanjutnya, pasien yang pulang dari daerah zona merah dan pernah kontak dengan penderita corona, cepat penularannya. “Namun apabila hasil swab pasien yang terindikasi ini positif, kita rujuk ke rumah sakit khusus Covid di pariaman. Dan jika hasilnya negatif kita perbolehkan pulang,” ulasnya.

Sebelum di isolasi jelasnya, pasien terlebih dulu discreaning. “Saat ini ada 4 orang pasien terduga di sini, namun kita pastikan aman. Tidak akan ada penularan bagi pasien lain ataupun pengunjung yang datang ke sini,” tutupnya. (war)