9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bentuk Kepengurusan Baru, PPDI Solsel Gelar Musda I

PADANGARO, KP – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I untuk memilih ketua dan struktur pengurus baru di lembaga tersebut. Musda itu dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati, Senin (7/9).

Musda PPDI itu diikuti perwakilan perangkat nagari dari seluruh kecamatan di Kabupaten Solsel. Agenda tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Solsel diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Fidel Efendi. Serta turut dihadiri Ketua PPDI  Sumbar Novrianto, Ketua Forum Wali Nagari Solbetri, Camat, Wali Nagari dan Perangkat Nagari se- Solsel.

Dalam sambutannya, Fidel Efendi menegaskan, Pemkab Solsel mendukung penuh eksistensi organisasi PPDI. Menurutnya, PPDI dibentuk selain sebagai wadah memperjuangkan hak dan kesejahteraan anggota juga sebagai sarana komunikasi dalam meningkatkan bentuk pekerjaan sebagai kontribusi mendukung percepatan pembangunan di Solsel.

Lebih lanjut ia menyampaikan apresiasi kepada perangkat nagari di Solsel yang bekerja tak kenal lelah dalam mengayomi dan melayani masyarakat. Dia melihat kinerja perangkat desa dari waktu ke waktu semakin baik. Untuk itu ia berharap, PPDI selalu menjalin kerjasama yang baik dengan Wali Nagari. Karena bagaimanapun juga, wali nagari merupakan atasan langsung dari perangkat nagari.

Sementara itu Ketua PPDI Sumbar, Novrianto mengatakan, PPDI merupakan wadah untuk mengayomi perangkat nagari. Ia juga menepis stigma yang beredar di tengah masyarakat kalau PPDI merupakan organisasi politik. Ditegaskannya, PPDI murni organisasi profesi perangkat nagari bukan organisasi politik. “Kami bukan oposisi, kami menyadari kalau kami merupakan bawahan dari wali nagari,” cetusnya.

Ia mengatakan, sudah banyak yang diperjuangkan PPDI, di antaranya PPDI memberikan peran dengan terciptanya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Di samping itu Ketua Forum Wali Nagari Solsel, Solbetri sangat mendukung terbentuknya PPDI Kabupaten Solok Selatan. Menurutnya dengan keberadaan PPDI akan bertambah solidnya seluruh perangkat nagari di Solsel. Selain itu tentu akan terjalin silaturahmi yang baik antar perangkat nagari. (bus)