21 Juni 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pilkada Kabupaten Solok Diikuti Empat Bapaslon

SOLOK, KP – Empat bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Solok, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok.Keempat paslon itu adalah pasangan H. Epyardi Asda dan Jon Firman Pandu, mendaftar pada Sabtu (5/9) dan diikuti pasangan H. Desra Ediwan dan DR. Adli.

Paslon Epyardi Asda dan Jon Firman Pandu diusung Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional dengan total 12 kursi di DPRD Kabupaten Solok. Sedangkan paslon Desra Ediwan dan DR. Adli, diusung Partai Golkar dan PKS dengan total  8 kursi.

Kemudian pada Minggu (6/9), yang mendaftar ke KPU adalah pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Solok, H. Nofi Candra dan H. Yulfadri serta pasangan Iriadi dan Agus Syahdeman. Paslon Nofi Candra dan Yulfadri diusung Partai NasDem dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 7 kursi. Sedangkan Paslon Iriadi dan Agus Syahdeman diusung Partai Demokrat, Hanura dan PDIP dengan total 10 kursi.

Keempat calon yang mendaftarpun berkasnya dinyatakan diterima oleh KPU Kabupaten Solok. “Alhamdulillah empat pasangan sudah mendaftar semua dan kami nyatakan telah diterima. Tapi masih akan diverifikasi keabsahan berkas calon, seperti ijazah dan SKCK-nya,” ujar Ketua KPU Kabupaten Solok, Ir. Gadis, Senin (7/9).

Pihak KPU menyebut, dari empat bacakada yang sudah mendaftar itu, seluruh dukungan partai dan kursi di DPRD Kabupaten Solok telah terbagi, sehingga dipastikan Pilkada di bumi markisah hanya akan diikuti empat bacakada. “Iya, dukungan partai sudah tidak ada lagi. Hanya ada empat pasangan. Kemudian kita akan melakukan tahapan selanjutnya, yakni penetapan calon,” sebut Gadis diamini Komisioner KPU, Jons Manedi dan Defil.

Sementara salah satu bakal calon Bupati Solok H. Nofi candra, berharap semua kandidat yang telah mendaftar bisa berkontestasi di Pilkada dengan sportif. “Kami sangat lega hari ini sudah mendaftar. Kami berharap semua calon lain ke depannya bisa sama-sama berkontestasi dengan sportif. Kita bersama menjaga kondisi aman dan damai ke depan,” tuturnya.

Sedangkan Pasangan Iriadi dan Agus Syahdeman yang diusung tiga partai politik dan sejumlah partai pendukung dengan total 10 kursi di DPRD juga berharap Pilkada Kabupaten Solok berjalan aman dan lancar. “Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Solok. Berbeda pilihan itu adalah hal biasa, tetapi jangan menghalalkan segala cara,” sebut Agus Syahdeman. (wan)