9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PILKADA PESISIR SELATAN 2020 Mendaftar ke KPU, Rusma-Rudi Diusung 5 Parpol

PAINAN, KP – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel)Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah resmi mendaftar ke KPU Pessel. Pasangan ini maju dengan dukungan lima partai politik (parpol) yakni Gerindra, PAN, Bulan Bintang, Perindo dan Berkarya dengan kekuatan 14 kursi di DPRD Pessel.

Pasangan calon Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah mendaftar ke KPU Pessel pada hari kedua, Sabtu (5/9).

Kehadiran pasangan ini di KPU di kawal para pendukung dan simpatisan sebanyak 3000 orang yang diiringi tabuhan Gendang tarian adat dan silat anak anak Tari dari Sanggar Nagari Tarusan.

Koalisi lima parpol iniyaitu Partai Gerindra terdiri dari 5 kursi, PAN terdiri dari 5 kursi, PBB  2 Kursi, Partai Perindo 1 kursi dan Partai Berkarya 1 kursi. Sehingga total kursi partai pendukung di DPRD Pessel 14 Kursi.

Berdasarkan Peraturan KPU, syarat pencalonan pasangan bupari – wakil bupati adalah 20 persen dari jumlah kursi di DPRD. Dengan demikian, pencalonan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyahsudah melebihi ketentuan yang berlaku.

Selain diusung 5 parpol koalisi, pasangan tersebut juga didukung partai baru yakni Gelora yang didirikan Fahri Hamzah.

Sementara itu, Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar menyatakan, syarat syarat pendaftaran Rusma-Rudi sudah lengkap termasuk syarat dukungan partai politik. KPU Pessel pun sudah menyerahkan tanda terima pendaftaran kepada pasangan tersebut.

Ia menambahkan, KPU akan meneliti berkas selama tujuh hari. Jika terdapat kekeliruan bakal calon harus memperbaiki selama tiga hari berikutnya.

Sebelumnya, dihari pertama dibukanya pendaftaran, Jumat (4/9) pasangan calon Hendrajoni dan Buya Hamdanus yang diusung partai Nasdem dan PKS sudah mendaftar. (rjn/*)