Pengendalian Risiko Penyebaran Covid-19, Gubernur Minta Pemda Kawal ‘T2IT’

PARIAMAN, KP – Pemerintah Kota Pariaman mengikuti video conference (vidcon) bersama Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, tentang ‘Implementasi Pengendalian Resiko Penyebaran Covid-19’, Senin (7/9). Turut hadir dalam vidcon tersebut Wakil Walikota PariamanMardison Mahyuddin didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota PariamanSyahrul.

Dalam penyampaiannya, Gubernur Irwan Prayitno meminta peran pemerintah daerah untuk mengawal T2IT (Testing, Tracing, Isolasi, Treatment) dalam rangka mengimplementasikan pengendalian risiko penyebaran Covid-19 di Sumbar. Ia juga berpesan kepada masing-masing daerah agar tidak malu dalam melaporkan kasus Covid-19 di daerahnya. “Bupati/Walikota jangan malu jika warganya terkena Covid-19, jika ada penambahan kasus positif Covid-19, kirim spesimennya segera,“ tegas Irwan.

Kemudian Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati/Walikota atas kinerja daerahnya yang telah mengirim spesimen dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 di Sumbar. Dikatakannya, Rumah Sakit di Sumbar cukup memadai. Untuk itu ia mengimbau masing-masing daerah agar berdayakan RS yang ada. Sedangkan soal anggaran operasionalnya nanti ada dari Kemenkes. “Ada aturan Kemenkes RI yang baru untuk RS daerah yang menerima pasien rujukan Covid-19,“ imbuhnya.

Di samping itu ungkapnya, ada juga pengadaan APD untuk RS rujukan Covid-19 yang dianggarkan Pemprov. Meskipun dengan keterbatasan anggaran daerah lanjutnya, namun jika secara bersama bergotong-royong dan saling membantu untuk penganggarannya, semua pasti berjalan lancar.

Gubernur dua periode itu tak bosan-bosannya mengajak masyarakat agar patuhi protokol kesehatan dengan cara 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. “Satukan visi misi dan kebijakan dalam menangani Covid-19 ini. Dan Insyaallah pada 11-12 September mendatang kita akan mengadakan rapat dengan seluruh Walikota/Bupati dan Forkopimda tentang Perda Pengendalian Covid-19 di tengah masyarakat,“ tutupnya mengakhiri.

Vidcon itu turut diikuti bupati/walikota se-Sumbar beserta perwakilannya melalui virtual di kantor masing-masing. (war/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Tanahdatar Keluarkan Perbup Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Sel Sep 8 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tanahdatar mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19. Kepala Satpol PP dan Damkar Tanahdatar, Yusnen didampingi Kasi Penegakan Perda Elfiardi, kepada KORAN PADANG di ruang kerjanya, kemarin mengatakan, Perbup bernomor 48 tahun itu telah ditandatangani Bupati, […]