27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

TANGGAPI PENGADUAN MASYARAKAT KP3 Gelar Rapat Bahas Persoalan Pupuk Bersubsidi

SOLOK, KP – Pemerintah Kabupaten Solok, Senin (7/9), menggelar Rapat Tim Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), tentang adanya pengaduan masyarakat Kecamatan Bukit Sundi terkait masalah pupuk bersubsidi Phonska dan Urea yang langka. Rapat yang digelar di Ruangan Solok Nan Indah, kantor Bupati Solok itu diikuti Bupati Solok diwakili Sekdakab Solok Aswirman, Asisten II Medison, Kadis Pertanian Si Is, Kabag Perekonomian Benny Gustria dan SKPD terkait.

Bupati Solok diwakili Sekretaris Daerah Aswirman, dalam arahannya menyampaikan hasil keputusan rapat bahwa pupuk selalu menjadi masalah krusial dalam usaha tani. Seringkali masalah kelangkaan menjadi momok menakutkan petani menjelang musim tanam. “Karenanya pengawasan harus terus diintensifkan agar pupuk subsidi tepat sasaran dan tepat waktu. Terkait adanya pengaduan masyarakat Kecamatan Bukit Sundi tentang pupuk bersubsidi agar Tim KP3 menindaklanjuti dan turun ke lapangan mencek kebenaran pengaduan tersebut. di mana letak masalahnya,” sebut Aswirman.

Selanjutnya kata dia, setelah dilakukan pengecekan di lapangan maka semua bukti harus dapat dan dievaluasi. seterusnya mengundang yang bersangkutan untuk ditanyakan kebenarannya dan melakukan pengawasan secara berjenjang bersama Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3). “Jika terjadi kekurangan alokasi pupuk bersubsidi pada masing-masing wilayah baik di tingkat kecamatan atau kabupaten, maka dapat dilakukan pengajuan permintaan tambahan alokasi pupuk bersubsidi,” ulasnya. (wan)